Menu Tahun Baru yang Khas di Korea Selatan, Ini Daftarnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Belakangan apa yang ada di Korea Selatan cenderung menjadi viral, termauk soal makanannya. Nah, menu apa saja yang biasa ada saat Tahun Baru di sana?

Menu Tahun Baru yang dimaksud adalah masakan khas dari Korea Selatan. Artinya, tidak sama dengan makanan secara umum seperti yang biasa dinikmati ketika pergantian tahun.

Ya, menu yang dimaksud memang biasanya hadir saat pergantian tahun. Sebagai informasi, Korea Selatan merayakan Tahun Baru sama dengan Imlek, tapi juga merayakan tahun Masehi.

Melansir keluyuran.com, Kamis (28/12/2023), saat Tahun Baru, keluarga di Korea Selatan biasanya berkumpul, menghormati leluhur, main permainan tradisional, dan tentunya menikmati menu khas.

Nah, berikut daftar beberapa masakan khas Korea Selatan saat Tahun Baru:

  1. Tteokguk

Bagi warga Korea Selatan, Tahun Baru bukanlah Tahun Baru tanpa tteokguk. Sup Korea ini menggabungkan kaldu beraroma dan kue beras tteok Korea.

Dasar untuk kuahnya, yang dikenal dengan guk, bisa dibuat dengan berbagai jenis kaldu, seperti kaldu seafood, sapi, atau kaldu rumput laut.

Sementara untuk bahan tambahan biasanya berupa dadar kuning telur dan putih telur yang diiris, daun bawang, rumput laut (gim), dan daging diiris halus.

Dalam tradisi Korea Selatan, sup melambangkan awal yang baru, irisan kue beras, yang mengingatkan pada koin, melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

  1. Yakgwa

Yakgwa merupakan hidangan penutup yang digoreng yang terbuat dari tepung terigu dan minyak wijen. Biasanya kue yang berbentuk bulat atau bunga kadang dibumbui, dan setelah digoreng, disiram dengan sirup madu yang manis.

Nama yakgwa diterjemahkan sebagai manisan obat, berarti obat dan gwa berarti manisan. Penamaan ini diduga karena madu pernah dianggap sebagai obat kesehatan.

Makanan penutup Korea kuno ini diyakini asalnya dari era Silla akhir, dan disajikan di berbagai perayaan dan acara khusus.

  1. Japchae

Japchae merupakan masakan Korea Selatan yang dibuat dari dangmyeon atau mie kaca atau dan sayuran. Umumnya hidangan ini disajikan dengan daging sapi dan dibumbui dengan gula dan kecap Korea atau ganjang.

Japchae yang asli tidak menggunakan daging atau mie, dan ditemukan oleh pelayan Raja Gwangaegun, yang menyiapkan makanan untuk perayaan kerajaan.

Japchae memiliki lima warna yaitu hijau dari bayam, hitam dari jamur, merah dari wortel, serta kuning dan putih dari telur goreng.

  1. Galbijjim

Galbijjim dibuat dengan cara merebus iga sapi dalam saus beraroma yang terdiri dari madu, kecap asin atau ganjang, mirin, bawang putih, bawang bombay, jahe, dan apel parut atau pir.

Bahan lainnya yaitu sayur mayur seperti jamur shiitake, lobak, atau wortel, serta kacang pinus, chestnut, jujube, dan kacang gingko. Galbijjim dipercaya berasal sekitar tahun 1700-an.

  1. Yaksik

Makanan pokok di setiap acara spesial di Korea ini adalah kue beras yang kaya rasa dan manis. Yaksik dibuat dengan kombinasi ketan kukus, kacang pinus, madu, buah jujube kering, dan chestnut.

Makanan penutup ini dilengkapi dengan saus cokelat tua yang terbuat dari gula karamel, kayu manis, ganjang, dan minyak wijen. Kemudian kue dikukus hingga semua bahan terikat dan saus membut kue jadi memiliki rasa.

  1. Tteokgalbi

Hidangan Korea Selatan yang dibuat dengan daging iga giling. Dagingnya direndam dan dibuat menjadi patty yang kemudian dipanggang.

Terkadang daging giling tersebut berasal dari daging di sekitar tulang, dan patty sering kali dilapisi ketika dipanggang.

Tteokgalbi diterjemahkan sebagai kue iga. Nama ini muncul disinyalir muncul karena tekstur dan cara pembuatannya mirip dengan kue beras tteok.

  1. Sujeonggwa

Ini bukan makanan melainkan minuman pencuci mulut yang populer. Cara membuatnya sangat mudah dan bisa disajikan hangat atau dingin.

Kehangatan kayu manis dan pedasnya jahe berpadu apik untuk menciptakan minuman yang menenangkan yang juga dipercaya dapat membantu pencernaan.

  1. Dasik

Asal camilan manis yang meleleh di mulut dan elegan dari abad ke-17, yaitu saat bangsawan Korea menikmati kue ini sebagai makanan Tahun Baru dengan teh.

Kue lezat ini vegan dan bebas gluten karena terbuat dari biji wijen yang digiling halus dan dimaniskan dengan sirup madu.

  1. Manduguk

Ikan teri atau kaldu sapi adalah bahan dasar yang digunakan untuk sup tradisional Korea ini, tapi bahan utamanya adalah mandu, yaitu pangsit tradisional Korea yang biasanya diisi dengan daging sapi dan sayuran.

Kuahnya dibuat dari jamur shiitake dan bawang bombay, atau sesekali diisi juga dengan irisan kue beras tteok.

Biasanya kuahnya disajikan dengan irisan daun bawang dan irisan telur tipis, sedangkan lauknya adalah kimchi dan jenis sayuran acar lainnya.

Demikian ragam menu khas Korea Selatan yang biasanya ada saat Tahun Baru. Semoga bermanfaat. (Adelina).

Leave a comment