Kamu Harus Tahu! Tanda-Tanda Smartphone Disadap dan Cara Terbebas dari Aksi Peretasan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kejahatan dunia siber sudah kerap terjadi. Sebagai pengguna, kamu bisa mengetahui tanda-tanda kapan smartphone sedang disadap dari jarak jauh oleh peretas.

Akses terhadap ponsel memang kerap dibobol. Sehingga, perlu rasanya bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda smartphone yang tengah disadap oleh hacker. Jadi, kamu bisa mengenali ciri-cirinya kapanpun.

Tidak hanya membahas tanda-tanda smartphone disadap, pembahasan kali ini juga dilengkapi dengan cara keluar dari zona rawan tersebut. Sehingga, kamu dapat memperkuat sistem keamanan ponsel.

Lumrahnya, penyadapan ponsel mudah dilakukan bila menerima pesan dengan tautan tertentu. Bila tidak sadar memencet, atau mengisi formula link tersebut peretas pun sudah memiliki kuasa penuh kepada smartphone.

Aksi penyadapan ini dapat menimbulkan kerugian material maupun nonmaterial. Biasanya berupa kebocoran data yang bersifat pribadi, atau pengurasan uang yang disimpan di dalam akun bank.

Untuk mengantisipasinya, perhatikan tanda-tanda smartphone disadap dari jarak jauh ini. Barulah kemudian, pembahasannya akan diikuti oleh kumpulan cara mendepak hacker dari akses terhadap ponsel pengguna.

Jangan Tergiur Broadcast Orang Asing.

Seperti yang disinggung di atas, peretas biasanya akan mengaku sebagai petugas dari layanan tertentu. Kemudian, mereka akan mengirimkan pesan melalui aplikasi messenger atau SMS.

Di dalam pesan tersebut, terdapat sebuah anjuran untuk mengklik link yang juga disematkan. Mereka meminta hal ini agar dapat memperoleh akses terhadap perangkat elektronik.

Bila kamu menerima pesan seperti di atas, dan bukan dari petugas resmi janganlah mudah tergiur. Melainkan segera hapus dari penyimpanan kotak masuk.

Baterai Boros.

Tanda-tanda aksi peretasan selanjutnya juga bisa diketahui melalui hardware smartphone yang tidak bekerja normal, salah satunya pada bagian baterai.

Bila baterai pada ponsel cepat boros, padahal kamu jarang memainkan ponsel, biasanya terdapat penyusup yang tidak kenal sedang menggunakan ponsel.

Hal ini disebabkan oleh ponsel terus bekerja, meskipun dalam keadaan layar mati. Jadi, baterai akan terkuras dengan cepat saat peretas sedang mencari data-data penting di smartphone.

Aktivitas yang Mencurigakan.

Terdapatnya aktivitas mencurigakan pada ponsel juga merupakan tanda nyata ketika perangkat tengah disadap. Biasanya, platform Gmail yang akan memberi tahu pengguna terkait adanya aktivitas mencurigakan.

Ketika sudah mengetahui tanda-tanda smartphone tengah sedap. Penjelasan selanjutnya akan memfokuskan terkait kumpulan trik mendepak penyadap dari smartphone. Perhatikan langkah di bawah ini:

  1. Ganti Password Email.

Bila sudah terbukti ada aktivitas yang mencurigakan, segeralah untuk mengganti password Gmail. Dengan demikian, penyadap tidak dapat lagi memiliki akses terhadap ponsel.

  1. Aktifkan Mode Device Care.

Selain mengganti password baru, smartphone kekinian juga memiliki fitur Device Care. Fitur ini sangat handal ketika mendeteksi malware tersembunyi pada ponsel, sehingga kamu dapat menghapusnya dengan cepat.

  1. Reset Pabrik.

Bila cara-cara di atas masih kurang mampu mendepak penyadap. Kamu pun bisa melakukan pengaturan ulang pabrik, sehingga aksesnya dapat terputus sekaligus.

Namun perlu disadari terlebih dahulu, kembali ke pengaturan pabrik dapat menghilangkan data-data penting. Sebelum melakukannya, pastikan kamu telah menyimpannya terlebih dahulu ke penyimpanan awan.

Demikianlah pembahasan mengenai tanda-tanda smartphone sedang disadap jarak jauh dan cara mendepak peretas. Semoga berhasil! (Dzikrullah) *

Leave a comment