Anti Bocor dan Tahan Lama: Begini 5 Tips Merawat Baterai HP Agar Bertahan Bertahun-Tahun

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Penjelasan mengenai 5 tips merawat baterai HP kali ini, tidak lain bertujuan agar performanya tetap tahan lama dan awet digunakan.

Oleh sebab itu, ikutilah 5 tips merawat baterai HP berikut ini supaya tidak mudah cepat boros. Cara ini cukup terbilang ampuh untuk menjaga baterai awet dan tahan lama meski dalam kurun waktu cukup lama.

5 tips merawat baterai HP ini juga dapat membuat ponsel berperforma stabil. Sebab, kinerja ponsel erat kaitannya dengan kondisi baterai yang ada di dalam komponennya.

Bagi zaman sekarang, penggunaan ponsel sudah bisa menjadi kegiatan wajib di segala kondisi. Tak ayal, sifat ketergantungan pada smartphone bisa jadi membuat baterai yang ada di dalamnya rusak.

Baterai sendiri merupakan komponen utama bagi ponsel. Dengan perangkat keras tersebut, sebuah smartphone dapat dioperasikan dengan baik.

Sayangnya, banyak pengguna yang bersikap acuh tak acuh terkait kesehatan baterai ponsel. Sehingga, dalam kurun waktu sebentar kondisinya sudah tidak stabil dan bisa mengakibatkan kerusakan fatal padanya.

Bagi beberapa pengguna, kasus baterai bocor sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Insiden ini salah satunya disebabkan oleh faktor tidak merawat baterai smartphone dengan benar.

Untuk itu, perlu bagi tim Insidepontianak membagikan cara khusus untuk merawat baterai ponsel dengan baik dan benar.

Melansir dari berbagai sumber, berikut penjabaran 5 tips merawat baterai HP agar tetap awet dan tahan lama:

  1. Hindari Suhu Ekstrim.

Salah satu faktor utama penyebab baterai ponsel cepat rusak adalah terpapar suhu ekstrim dalam waktu lama. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda tidak melakukan hal ini.

Bila ponsel sering mendapat paparan sinar matahari secara terus menerus, komponen yang ada didalamnya akan terpancing untuk bekerja secara ekstra. Pada akhirnya, kondisi demikian akan menyebabkan overheat.

Hal itu dikarenakan komponen ponsel didominasi oleh komponen logam. Perangkat logam ini lantas mengantarkan sifat panas pada baterai.

  1. Hindari Pengisian Daya Penuh.

Pengisian daya penuh senyatanya sudah menjadi kasus sehari-hari bagi pengguna. Banyak alasan yang melatarbelakanginya, seperti pengoperasian smartphone diperkirakan akan dilakukan sepanjang hari.

Senyatanya, pengisian daya smartphone sampai penuh dapat membuat baterai ponsel cepat rusak. Begitu juga sebaliknya, menggunakan ponsel sampai menghabiskan dayanya 0 persen juga dapat mengakibatkan baterai tidak awet.

Cara yang benar yakni dengan mengisi daya ulang hingga 80-90 persen. Bila indikator baterai menunjukkan 20 persen, segeralah mencharge smartphone.

  1. Rajin Tutup Aplikasi dan Fitur.

Penggunaan fitur dan aplikasi smartphone secara banyak, serta dalam tempo lama, juga mengakibatkan pengurasan baterai dengan cepat.

Bila hal ini menjadi kebiasaan, umur baterai ponsel tidak akan awet dan cepat rusak. Sebisa mungkin tutup aplikasi dan fitur yang sudah digunakan.

  1. Stop Gunakan Ponsel Saat Charging

Selain cepat membuat ponsel mengalami suhu panas, menggunakan smartphone saat mengisi daya juga menimbulkan kerusakan pada baterai.

Sebab, ponsel yang sedang diisi daya dan digunakan dalam satu tempo membuat smartphone bekerja melebihi batas normal.

Selayaknya, biarkan ponsel terisi 80-90 persen tanpa dioperasikan. Lebih baiknya, matikan daya smartphone saat dalam proses charging berlangsung.

  1. Aktifkan Battery Saving Mode

Pada ponsel kekinian, fitur Battery Saving Mode (mode penghemat baterai) sudah bisa dicoba. Hal ini akan menyimpan energi baterai untuk digunakan ke hal yang lebih penting.

Biasanya, bila penghemat baterai diaktifkan, ponsel akan mengatur sendiri secara otomatis dalam mode low energy.

Demikianlah pembahasan tentang 5 tips merawat baterai HP agar tetap awet dan tahan lama. Selamat mencoba! (Dzikrullah) *

Leave a comment