Natal dan Tradisi Hadiah dari Anak-anak untuk Sinterklas, dari Roti dan Susu hingga Kambing Panggang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Natal identik dengan hadiah yang diberikan oleh Sinterklas, khususnya bagi anak-anak. Nyatanya tradisi itu juga berarti timbal balik, dua arah.

Maksudnya, anak-anak yang merayakan Natal tidak sekadar mendapat hadiah, tapi juga memberikan sesuatu pada Sinterklas. Dan, tradisi itu sudah turun-menurun.

Dan, anak-anak itu punya tradisi yang unik dan istimewa, untuk menarik perhatian Sinterklas, berharap mendapatkan hadiah pada malam Natal.

Nah, melansir jnc.co.id, Kamis (21/12/2023), berikut hadiah anak-anak di berbagai penjuru dunia untuk Sintrklas:

  1. Amerika dan Kanada

Anak-anak di Amerika dan Kanada, meletakkan susu dan kue kering untuk menyambut Sinterklas, tamu istimewanya saat malam Natal. Boleh jadi mereka berempati terhadap Sinterklas yang memiliki tugas berat.

Segelas susu dan kue kering, akan menyenangkan hati Sinterklas, sehingga mereka layak menerima kado istimewa darinya.

  1. Denmark

Makanan masih menjadi pilihan anak-anak menyambut Sinterklas. Anak-anak di Denmark meletakkan puding yang dikenal sebagai risengrod.

Puding ini disajikan untuk Tomte, figur mitos berjenggot putih, mirip dengan sosok English Father Christmas, yang datang membawa hadiah.

  1. Jerman

Di Jerman, rupanya Sinterklas lebih senang membaca daripada menikmati makanan. Anak-anak di Jerman meletakkan surat dengan kemasan yang menarik perhatian, dan dipasang di jendela pada malam Natal.

Pada pagi harinya surat tersebut menghilang, dan mereka mendapatkan hadiah di bawah pohon Natal sebagai gantinya. Anak-anak di Jerman mengenal Sinterklas sebagai Christkind.

  1. Perancis

Anak-anak di Perancis menunggu kedatangan Sinterklas yang dikenal sebagai Pere Noel dengan meletakkan wortel di dalam sepatu. Wortel ini diberikan khusus pada Gui, keledai yang menemani Pere Noel ke Perancis.

Atas perhatian anak-anak terhadap Gui, Pere Noel pun memberikan anak-anak pernak-pernik sebagai hadiahnya. Artihnya, anak-anak juga dilatih berempati untuk berbagi kepada teman setia figur berjenggot putih ini.

  1. Belanda

Lain lagi di Belanda karena Sinterklas datang menemui anak-anak dengan kuda, mereka pun menyiapkan jerami dan air putih untuk memenuhi kebutuhan keduanya.

Sebagai ganjaran atas kepedulian anak-anak, mereka pun menerima cokelat, jeruk mandarin, koin cokelat, dan permen marzipan dari Sinterklas.

  1. Inggris dan Australia

Dua negara ini punya kebiasaan sama dalam menyambut Santa. Anak-anak menyiapkan minuman khas yang manis terbuat dari buah dan campuran brendi, serta sepotong pai.

Kali ini, sepertinya perlu kolaborasi orangtua-anak untuk menyiapkannya karena pesta penyambutan Sinterklas rupanya lebih istimewa.

  1. Irlandia

Menuju ke Irlandia, Sinterklas mendapat sajian lebih istimewa. Menjadi tradisi bagi keluarga Irlandia untuk menyajikan Guinness saat malam Natal.

Tanpa kecuali, anak-anak juga dibantu untuk menyajikan minuman ini untuk Sinterklas. Sebagai tanda terima kasih karena figur berjenggot ini bersedia singgah ke Irlandia setelah melakukan perjalanan panjang.

  1. Chile

Di Chili, Sinterklas lebih dikenal dengan nama Viejo Pascuero yang juga dipanggil de pascua. Pria tua yang datang setahun sekali ini disambut dengan kue terbuat dari jahe dan madu yang dipenuhi dengan manisan buah.

  1. India

Penganut Kristiani di India menyambut Sinterklas yang disebutnya Christmas Baba, dengan menyajikan donut goreng terbuat dari santan. Sepertinya Sinterklas menikmati aneka kuliner sepanjang malam, termasuk hidangan khas dari Asia Selatan ini.

  1. Jepang

Anak-anak Jepang menunggu kemunculan Sinterklas sambil menikmati kue tradisional Natal khas Jepang. Yakni kue berwarna putih dilapisi dengan krim dan dihias stroberi. Mereka menyebut Sinterklas sebagai Hotei-Osho.

  1. Filipina

Di Filipina, anak-anak tidur sambil menunggu Sinterklas, setelah sebelumnya menikmati makan malam Natal dengan hidangan tradisional, nochabuena, yang terdiri dari sejenis bola keju atau queso de bola, dan minuman terbuat dari cokelat atau tsokolate.

  1. Argentina

Sinterklas ke Argentina untuk menikmati minuman tradisional terbuat dari apel dengan kandungan alkohol. Anak-anak di Argentina menyediakan minuman ini untuk menyambut Sinterklas.

  1. Kenya

Di Kenya Sinterklas makan besar, karena anak-anak Kenya menyediakan seporsi kambing panggang. Masyarakat Kenya memiliki tradisi makan malam Natal dengan hidangan ini.

Demikianlah tradisi berupa penghargaan anak-anak di berbagai pnjuru dunia terhadap Sinterklas saat malam Natal. Semoga bermanfaat. (Adelina).

Leave a comment