Tujuh Tradisi Malam Tahun Baru di Indonesia, Mana yang Belum Anda Lakukan?

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Pergantian tahun bagi sebagian besar orang adalah sesuatu yang penting. Karena itu, malam Tahun Baru pun dijadikan momen penting hingga terciptalah tradisi untuk merayakannya.

Disebut tradisi karena setiap malam Tahun Baru aktivitas ini selalu dilakukan. Dan, di Indonesia setidaknya ada tujuh aktivitas yang tak luput untuk merayakan pergantian tahun.

Mungkin Anda telah melakukan semua tradisi yang dimaksud atau sebagian dari daftar ini. Yang jelas, inilah kebiasaan warga Indonesia saat malam Tahun Baru.

Nah, berikut tujuh tradisi malam Tahun Baru yang dimaksud seperti melansir traveloka.com, Rabu (20/12/2023):

  1. Begadang

Untuk menyambut malam Tahun Baru, tradisi umum yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia adalah dengan berkumpul bersama orang-orang yang dicintai dan begadang hingga detik-detik jam menunjukkan pukul dua belas malam.

Mulai dari bermain games bersama, makan-makan, hingga menonton film jadi beberapa aktivitas yang kerap dilakukan. Selain berkumpul bersama keluarga di rumah, tak sedikit juga yang menjadikan hotel sebagai pilihan untuk begadang di malam tahun baru.

  1. Bakar-bakaran atau BBQ-an

Salah satu tradisi malam Tahun Baru di Indonesia yang selalu membuat rasa kangen muncul adalah berkumpul bersama keluarga atau sahabat dan melakukan bakar-bakaran atau BBQ-an.

Umumnya, kuliner populer yang kerap menjadi menu 'bakar-bakaran' saat malam tahun baru adalah sate dan juga jagung. Namun, tak jarang ada yang memiliki menu andalan masing-masing tergantung tradisi di rumah mereka.

Apapun menu makanannya, tradisi BBQ-an tak pernah gagal dalam menghidupkan suasana perayaan malam Tahun Baru sekaligus memanjakan perut.

  1. Konvoi berkeliling kota

Menyambut malam Tahun Baru, suasana kota terasa jadi lebih meriah terutama di pusat-pusat keramaian. Tradisi ini umum ditemukan di kota-kota besar, dengan berjalan-jalan keliling kota bersama keluarga ataupun sahabat.

  1. Menyaksikan pesta kembang api

Hampir di setiap negara di dunia, malam pergantian tahun dirayakan dengan pesta kembang api, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu tradisi malam Tahun Baru di Indonesia yang tak boleh dilewatkan.

Banyak orang yang kemudian sengaja mengunjungi titik-titik strategis di tengah kota tempat berlangsungnya pesta kembang api untuk bisa menyaksikan indahnya warna-warni yang menghiasi langit malam dengan lebih jelas.

  1. Meniup Terompet

Tepat ketika jarum jam menunjukkan pukul dua belas malam dan menandakan pergantian tahun, suara terompet yang meriah langsung terdengar.

Ya, salah satu tradisi tahun baru di Indonesia yang sudah ada berpuluh-puluh tahun ini memang hingga saat ini masih terus dilakukan. Hal ini bisa dilihat dengan menjamurnya penjual terompet tahun baru bahkan sejak pertengahan bulan Desember.

  1. Konser Musik

Tradisi malam Tahun Baru di Indonesia selanjutnya adalah diselenggarakannya konser-konser musik yang megah dan meriah. Konser musik ini bahkan diselenggarakan di berbagai titik lengkap dengan meriahnya kembang api.

Untuk Anda yang tengah staycation atau di rumah saja saat Tahun Baru, tak perlu khawatir karena konser-konser ini juga kerap disiarkan di TV ataupun melalui streaming sehingga Anda tetap bisa menyaksikan serunya konser dari rumah.

  1. Menerbangkan Lentera

Jika Anda merayakan malam tahun baru di Dieng, terdapat tradisi unik di malam tahun baru yakni menerbangkan lentera. Festival peluncuran 1.000 lentera ini kerap menjadi daya tarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Selain di Dieng, tradisi serupa bisa Anda temukan di Borobodur. Selain menerbangkan lentera, ada pula pertunjukkan seni yang dipentaskan di pelataran Borobudur untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Tapi tidak hanya Dieng dan Borobudur, untuk skala yang lebih kecil, di beberapa tempat di Indonesia juga ada aktivitas menerbangkan lentera atau lampion. Indahnya cahaya lentera yang menerangi langit membuat malam pergantian tahun semakin terasa khusyuk.

Demikian sekian tradisi merayakan pergantian tahun di malam Tahun Baru. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment