Mengenal Perbedaan Panggilan Grup dan Chat Audio Grup WhatsApp: Lengkap dengan Cara Chat Audio Grup

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebagian pengguna masih merasa bingung dengan perbedaan panggilan grup dan fitur Chat Audio Grup WhatsApp. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan tentang kedua perbedaannya.

Dengan begitu, sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan antara panggilan grup dan fitur yang dikenal dengan Chat Audio Grup WhatsApp. Tidak hanya itu saja, uraian yang akan dijelaskan ini juga dilengkapi dengan cara mengoperasikannya.

Sehingga, pembaca Insidepontianak tidak hanya mengetahui tentang perbedaan antara panggilan grup dan Chat Audio WhatsApp. Melainkan, sekalian membaca artikel ini juga dapat mengetahui tentang bagaimana mengoperasikannya di perangkat.

Bila membahas panggilan grup, pastinya yang terlintas di benak kamu adalah memanggil seluruh anggota yang berada di dalam satu grup. Hal ini dilakukan biasanya untuk mengadakan meeting secara virtual.

Sedangkan bila membahas Chat Audio grup, sebagian orang akan mengiranya seperti pengiriman suara dalam bentuk rekaman. Hal ini disebabkan, rekaman tersebut bila dikirim di WhatsApp akan berbentuk audio dan bisa masuk ke playlist music.

Nyatanya, anggapan tersebut kurang benar. Mengutip dari laman FAQ WhatsApp, Selasa (19/12), Chat Audio Grup WhatsApp merupakan fitur terbaru yang dapat memberi kemudahan pada seluruh anggota di dalam satu grup.

Lebih lanjutnya, fitur ini dapat melakukan panggilan masuk bagi sebuah grup yang memiliki jumlah anggota dari 33 orang hingga 128 orang. Dengan catatan, salah satu anggota yang melakukan fitur tersebut tidak akan membuat anggota lain merasa terganggu.

Maksudnya, ketika Chat Audio Grup WhatsApp sedang digunakan seluruh anggota hanya dapat menerima panggilan dalam bentuk undangan. Jadi, mereka tidak akan dihantui notifikasi panggilan seterusnya ketika member lain sedang berbicara jarak jauh.

Hal inilah yang membedakan dengan panggilan biasa pada sebuah grup. Mereka tidak mendapat undangan bergabung, melainkan selalu diberikan notifikasi untuk menjawab atau tidak.

Perbedaan yang lain, fitur Chat Audio Grup WhatsApp ini juga dilindungi oleh pengamanan kedua belah pihak yang dikenal dengan 'End-to-End Encryption'. Sehingga, tidak ada pihak ketiga yang dapat melakukan intervensi.

Karena keamanan yang super ketat ini, bahkan pihak WhatsApp juga tidak bisa mencoba mengintip pesan. Selain itu, fitur ini juga memiliki kelebihan mengontrol panggilan dan chat secara bersamaan.

Adapun langkah menggunakannya, perhatikan uraian cara mengoperasikan Chat Audio Grup WhatsApp di bawah ini:

Cara Gunakan Chat Audio Grup WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  2. Pada halaman pertama, pilihlah salah satu grup yang hendak melakukan Chat Audio Grup.
  3. Klik ikon telepon di bagian atas layar.
  4. Ketuk opsi 'Mulai Obrolan Suara'.
  5. Anggota grup lain akan mendapatkan undangan.
  6. Untuk keluar grup, kamu bisa menekan ikon tanda silang berwarna merah.

Fitur ini juga bisa berakhir otomatis dalam dua keadaan. Pertama, tatkala seluruh anggota mulai meninggalkan obrolan. Kedua, bila tidak ada satu anggotapun bertaut dengan orang pertama dalam satu jam.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan panggilan grup dan fitur Chat Audio Grup WhatsApp yang dilengkapi dengan tutorialnya. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment