Mendag Zulhas Buka Gerakan Pangan Murah di Sambas, Bupati Satono Traktir Ibu-Ibu 1000 Karung Beras

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Bupati Sambas Satono membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah, yang digelar di Kantor Desa Jagur, Kecamatan Sambas, Senin (18/12/2023) pagi.

Ribuan warga pun tumpah ruah mengantre. 1000 karung beras 5 kilogram dari Bulog disediakan dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah tersebut.

Sementara, Bupati Satono, secara pribadi juga menyumbang 1000 karung beras 5 kilogram. Mendag Zulhas karib disapa berseloroh, sumbangan Bupati Satono itu adalah traktiran khusus untuk ibu-ibu.

"Uangnya untuk membeli beras disimpan saja, jangan dibayar. Pak Bupati Sambas yang membayarkan berasnya untuk ibu-ibu," ucap Zulhas, disambut gembira ribuan warga.

Harga Bapok Relatif Murah

Menurut Zulhas, harga bahan pokok di Kabupaten Sambas relatif murah. Stok beras juga banyak. Sebab, petani Sambas cukup produktif menghasilkan beras. Sehingga penyuplai beras cukup banyak.

Hanya saja, harga cabai keriting relatif naik. Karena stoknya sedikit. Selain itu, harga ayam potong juga naik. Ini disebabkan karena permintaan cukup tinggi jelang perayaan Natal.

"Ayam potong di sini agak mahal 43 ribu. Tapi sudah bersih. Telur dan bawang harganya juga sama dengan harga di Pulau Jawa. Harga sembako dipastikan di sini suplainya banyak dan harganya stabil, cenderung murah," kata Zulhas.

Adapun Gerakan Pangan Murah yang dibuka Mendag menyediakan 1000 karung Beras SPHP dari Bulog 5 kilogram, dengan harga Rp57.500 per karung.

Tapi, karena antusias warga berbelanja di operasi pasar ini sangat tinggi, maka Bupati Satono menyumbang 1000 karung beras lagi. Dengan harapan, semua warga yang datang mengantre bisa kebagian beras murah dari pemerintah.

"Pak Bupati Satono mentraktir ibu-ibu yang sangat antusias antre beras," ujar Zulhas.

Adapun agenda kunjungan kerja Mendag ke Kabupaten Sambas itu di antaranya, peresmian pasar rakyat di Kecamatan Galing, blusukan memantau harga bahan pokok sekaligus membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah, serta membuka turnamen E-Sport sekaligus menyapa milenial dan Gen-Z.***

Leave a comment