PLN Kembali Resmikan SPKLU di Pontianak, Harap Dorong Peningkatan Ekosistem Electric Vehicle di Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN kembali meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau SPKLU, yang berlokasi di halaman parkiran Hotel Maestro, Jalan Sultan Abdurrahman Pontianak, Jumat (15/12/2023).

Hadirnya SPKLU ini diharapkan bisa mendorong peningkatan ekosistem Electric Vehicle atau kendaraan listrik di Kalbar.

"Ini SPKLU ke tujuh dari total sembilan yang kami hadirkan untuk pengguna kendaraan listrik yang ada di Kalimantan Barat, dan menjadi SPKLU kedua yang berada di hotel di Kota Pontianak," kata General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko.

SPKLU yang diresmikan ini, penggunaannya berkapasitas 7,4 kW (AC), tegangan nominal 200-240 V dengan arus normal 32 Ampere. Harga per kWh sebesar Rp. 2.466,78,-

Program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau KBLBB, yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu merupakan salah satu terobosan, dalam upaya mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak kendaraan.

"Kami siap mendukung program pemerintah di era KLBB dan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan SPKLU," ujar Jatmiko.

Ia juga mengatakan bahwa dalam pembangunan SPKLU, pihaknya juga meluncurkan platform digital charge.in yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sebagai operating system yang diharapkan menjadi platform tunggal untuk seluruh SPKLU.

Ia juga menyebutkan, di tahun 2024 mendatang PLN akan membangun 47 SPKLU di berbagai lokasi tersebar di seluruh Kalbar.

"Kami berharap, keberadaan SPKLU ini dapat memberikan kemudahan kepada para pemilik kendaraan listrik, serta para pelaku usaha penyedia kendaraan listrik, sehingga tercipta ekosistem berkendara yang efisien, efektif, serta ramah lingkungan," imbuh Jatmiko.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, mengatakan keberadaan SPKLU ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan mampu mendorong peningkatan ekonomi di Kota Pontianak.

Menurutnya, SPKLU yang semakin banyak tentunya dapat meningkatkan minat masyarakat untuk segera memiliki kendaraan listrik.

"Infrastruktur kelistrikan SPKLU yang akan memberikan PLN ini pasti memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan listrik di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak," ucap Bahasan.***

Leave a comment