Kumpulan Chat Penting Penuhi Bookmark? Begini 2 Cara Bersihkan Pesan Berbintang di WhatsApp

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Penumpukan chat di bookmark semakin hari semakin penuh. Untuk menghapusnya, cobalah ikuti 2 cara bersihkan pesan berbintang di WhatsApp agar kembali bersih seperti sedia kala.

Melakukan panduan 2 cara bersihkan pesan berbintang di WhatsApp ini akan menghilangkan sebagian atau seluruh pesan penting yang sempat disimpan. Sehingga, pengaturan bookmark pada aplikasi WA akan terlihat lebih bersih.

Dengan mengikuti 2 cara bersihkan pesan berbintang di WhatsApp ini, kamu pun bisa menyimpan chat lain yang lebih penting. Jadi, ketika hendak mencarinya tidak akan dipenuhi oleh chat penting yang sudah lama.

Bookmark sendiri merupakan fitur yang dimiliki oleh WhatsApp untuk mengelompokkan beberapa pesan yang dinilai penting. Sehingga, pengguna tidak perlu lagi menscroll layar untuk mencari pesan tersebut pada ruang obrolan.

Ketika kerap digunakan, fitur bookmark ini akan dipenuhi oleh beberapa pesan yang menumpuk. Karena terlalu banyak, kamu pun akan merasakan kesulitan bila hendak mencari pesan terbaru dan paling penting dari teman.

Oleh karenanya, penting bagimu untuk mengetahui beberapa langkah membersihkan fitur tersebut. Bagi sebagian orang, penumpukan pesan di bookmark juga dinilai tidak nyaman ketika hendak mencari pesan penting.

Meskipun pesan berbintang ini tidak berpengaruh signifikan pada memori penyimpanan, nyatanya sebagian orang akan merasa kesal bila harus teliti memilih chat penting yang ditumpuk terlalu banyak di dalamnya.

Untuk mengetahui cara menghapusnya, rasanya penting bagi pengguna baru untuk mengetahui 2 cara bersihkan pesan berbintang di WhatsApp. Perhatikan uraian langkah lengkapnya di bawah ini dengan teliti:

Hapus Pesan Berbintang di Android.

Membersihkan ruang bookmark WhatsApp memiliki cara yang berbeda dari setiap perangkat yang digunakan. Hal ini dipicu oleh ponsel yang memiliki kinerja sistem software yang tidak sama.

Bagi pengguna Android, menghapus pesan di kolom bookmark ini akan mudah dieksekusi sebagaimana paparan berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terpasang di ponsel Android.
  2. Pada tampilan ruang obrolan, klik ikon titik tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas untuk mengakses ke menu selanjutnya.
  3. Pilih opsi 'Pesan Berbintang' atau 'Bookmark'.
  4. Kamu akan disuguhkan berbagai pesan yang telah disimpan di dalam bookmark.
  5. Kamu bisa menghapusnya secara manual, alias satu-persatu. Caranya cukup tekan beberapa detik chat yang diinginkan.
  6. Kemudian klik ikon bintang yang dicoret miring di bagian menu atas.
  7. Atau kamu bisa menghapus seluruh pesan penting ini secara keseluruhan. Untuk melakukannya, klik ikon titik tiga di pojok kanan.
  8. Ketuk tulisan bertajuk 'Hapus Semua Pesan Bintang'.

Hapus Chat Bookmark di Iphone.

Sedangkan untuk pengguna Iphone, menghapus pesan yang disimpan di dalam bookmark ini bisa dilakukan sebagaimana paparan berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke 'Pengaturan' atau 'Setting' pada WhatsApp.
  3. Klik opsi 'Starred Messages'.
  4. Selanjutnya, ketuk pilihan 'Edit'.
  5. Pilih beberapa pesan yang hendak dihapus.
  6. Tekan ikon sampah untuk menghapus chat yang berbintang.
  7. Untuk menghapus semua pesan di bookmark, klik 'Clear Starred Messages'.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 cara bersihkan pesan berbintang di WhatsApp. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment