Topi, si Pelindung Kepala yang Trendi, Sedikitnya Terdiri dari 15 Jenis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Topi tentunya bukanlah barang yang asing lagi bagi Anda. Ragam jenis pelindung kepala yang trendi ini memang sering terlihat, tentunya dengan berbagai jenis dan bentuk.

Tapi, apakah Anda tahu kalau topi itu semua jenis topi yang ada di dunia? Nah, setidaknya ada 15 jenis topi yang trendi di dunia dan hingga kini masih dikenakan.

Jenis topi trendi ini pasti punya sejarahnya sendiri. Begitupun, secara umum topi memang sudah hadir cukup lama, bahkan sudah ada sejak zaman sebelum Masehi.

Melansir gramedia.com, Jumat (1/12/2023), topi biasanya mempunyai banyak variasi desain yang beragam serta fungsi yang berbeda-beda.

Nah, supaya tidak salah dalam memilih jenis topi, berikut ini adalah beberapa jenis yang dapat menunjang penampilan Anda:

  1. Topi Beanie
    Jenis topi yang satu ini biasanya dibuat dari bahan berjenis wol ataupun berserat tebal supaya lebih memberikan efek nyaman dan juga hangat.

Topi ini sangat cocok untuk dipakai bila Anda sedang berada di daerah dingin atau ketika musim hujan. Sehingga area kepala dan juga telinga Anda hangat.

  1. Topi Fedora
    Topi fedora sudah menjadi aksesoris yang cukup populer dan sering dipakai para selebgram dan juga model untuk bergaya.

Topi fedora ini umumnya dibuat dari kain yang tebal atau bahan felt dari bulu halus sehingga dapat menambah daya tarik penampilan Anda.

  1. Flat Cap
    Topi flat cap berasal dari Inggris dan juga Irlandia, yang mana jenis topi ini dibuat dengan model bundar dan memiliki brim kecil di bagian depan yang kaku.

Untuk topi jenis ini dapat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan. Umumnya, flat cap ini digunakan untuk gaya ala zaman dulu atau retro style.

  1. Baseball Hat
    Umumnya, baseball hat ini dibuat menggunakan desain yang tidak kaku pada bagian atas dengan menggunakan brim yang kuat di bagian depan untuk melindungi wajah dari paparan matahari.

Sekarang ini, baseball hat ini dapat digunakan di outfit mana saja, sebab desain topi ini akan membuat penampilan Anda terlihat semakin fashionable dan menarik.

  1. Bucket Hat
    Hadir dengan model yang lebar dengan brim mengikat dan tidak kaku, bucket hat ini biasanya dibuat menghadap ke bawah dengan bahan yang cukup tebal, seperti canvas, katun, denim, dan lainnya.

Selain itu, bucket hat ini juga mempunyai berbagai macam model, dari mulai yang polos sampai yang berpola.

  1. Visor Cap
    Jenis topi yang satu ini mempunyai desain di bagian atas yang terbuka dan bagian belakang yang biasanya akan dirancang menggunakan karet ataupun velcro.

Sehingga, bisa disesuaikan dengan ukuran kepala Anda. Visor cap ini hanya akan melindungi bagian wajah Anda dari sinar matahari.

  1. Boater
    Topi yang satu ini lebih cenderung ke topi semi formal yang biasanya digunakan ketika musim panas. Jenis topi ini hadir pada awal abad ke-20.

Biasanya topi ini terbuat dari material yang dianyam. Zaman dahulu topi yang satu ini sering digunakan oleh laki-laki saat berpenampilan dengan menggunakan blazer.

  1. Breton Hat
    Topi yang satu ini seringkali disebut sebagai nautical hat. Dimana dulunya memang sering digunakan oleh para nelayan ataupun pekerja pertanian di Brittany, Perancis.

Jenis topi ini juga seringkali dikombinasikan dengan atasan bergaris biru dan putih atau merah. Dulunya, topi ini sempat dipopulerkan oleh desainer kondang Coco Chanel.

  1. Cowboy Hat
    Anda tentu sudah familiar dengan jenis topi yang satu ini. Cowboy hat merupakan aksesoris yang biasanya digunakan sebagai salah satu ciri khas peternak di bagian barat dan juga selatan Amerika Serikat.
  2. Baret
    Baret merupakan aksesoris kepala yang dirancang menggunakan material yang tidak kaku, model yang datar, dan umumnya terbuat dari bahan katun atau wol.

Topi baret ini awalnya muncul di Prancis dan Spanyol sehingga sampai sekarang masih sering diasosiasikan dengan negara tersebut.

  1. Straw Hat
    Topi jenis ini dibuat dengan menggunakan teknik anyaman serta material yang bermacam-macam, mulai dari jerami sampai bahan sintetis.

Jenis topi ini biasanya digunakan untuk melindungi kepala dari sinar matahari tapi juga biasa digunakan untuk mengelevasi penampilan sampai digunakan sebagai bagian dari seragam.

  1. Newsboy Cap
    Newsie atau newsboy cap merupakan jenis kasual yang bentuknya mirip dengan flat cap. Jenis topi ini mempunyai brim yang kuat dan kaku di bagian depan, tapi dirancang dengan bagian atas yang lebih bervolume dan ada sebuah kancing di atas topi.
  2. Turban
    Salah satu aksesoris kepala ini umumnya dibuat dari kain dan hadir di beberapa kultur serta tradisi di dunia. Sejumlah model turban juga mempunyai nilai religius untuk beberapa kelompok agama.

Sekarang ini, turban mulai hadir dengan modal, material, dan juga desain yang beragam, yang mana kemudian dijadikan sebagai aksesoris kepala untuk mengelevasi penampilan.

  1. Wide-Brimmed Hat
    Jenis topi ini memiliki desain yang mirip dengan fedora. Tapi, area brim pada topi ini cenderung lebih besar. Wide-brimmed hat ini mempunyai material brim yang lebih lunak.

Sehingga, topi ini mempunyai efek bergelombang dan detail tali yang menyerupai pita di bagian atas yang biasanya disebut dengan floppy hat.

  1. Panama Hat
    Jenis topi ini berasal dari Ekuador yang mana awalnya terbuat dari anyaman daun pohon sejenis palem. Hadir dengan warna yang terang, mulai dari putih, krem, dan lainnya.

Yang jelas, tentu masih ada banyak jenis topi, terutama yang khas dari Nusantara. Begitupun, demikianlah tentang 15 jenis topi trendi yang mampu mendukung penampilan Anda. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment