Berkah Pandemi, Rumah Makan Gratis di Pontianak Bertahan Sampai Hari Ini, Heri Mustamin: Sangat Menginspirasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi tahun 2020 lalu, ternyata membawa berkah bagi masyarakat kurang beruntung di Kota Pontianak.

Sebab, momentum itu memicu gerakan sosial rumah makan gratis. Salah satunya yang berlokasi di Jalan Perdana, Pontianak Selatan.

Tiga tahun pascapandemi, rumah makan ini masih eksis melayani masyarakat, sehari dalam sepekan. Siapa pun dan dari mana pun boleh makan. Tak memandang status sosial mereka. Ini menjadi hikmah pandemi berkepanjangan.

Rabu (29/11/2023) siang, jelang waktu makan siang, masyarakat mulai tumpah ruah memadati rumah makan gratis yang mendadak hadir di ujung Jalan Perdana.

Mereka tampak antri. Ada yang membawa tempat makan. Ada juga yang memilih makan ditempat. Mereka yang datang terdiri dari latar belakang pekerjaan, mulai dari pekerja bangunan, ojek online, pemulung, hingga karyawan kantor.

Mereka mengular menunggu giliran, untuk mengambil makan di meja prasmanan yang tersedia. Di meja itu, sudah tersedia nasi, dan lauk pauk yang menggoda selera. Setiap pekannya berbeda beda.

Hari ini, pengelola rumah makan gratis menyediakan menu telur rendang, tempe, sayuran. Makanan ini, tersedia untuk 400 porsi.

Tak heran, kesempatan emas ini tak pernah dilewatkan masyarakat. Walau kadang mereka harus antre demi mendapatkan makanan.

Untuk melayani masyarakat, satu persatu, inisitor rumah makan gratis, Wina Handayani menyiapkan team.

Dia dan tiga rekannya turun langsung  melayani satu persatu pengunjung yang datang. Namun, hari itu, Ia juga dibantu Ketua Komisi V DPRD Kalbar, Heri Mustamin.

Wakil rakyat dapil Kota Pontianak itu tak menyiapkan waktu membaur, melayani masyarakat. Ia tak ketinggalan mengambilkan lauk pauk untuk masyarakat yang sudah antre.

Bagi Heri Mustamin, kegiatan sosial yang dilakukan Wina Handayani memberi inspirasi bagi dirinya dan masyarakat untuk terlibat.

Apalagi, kegiatan serupa bukan dilakukan kali ini. Namun, sudah tiga tahun lamanya digeluti Wina Handayani.

"Apa yang dilakukan ibu Hj Wina sangat luar biasa dan harus dicontoh kader Golkar. Apalagi ini sudah hampir tiga tahun dilakukan," terangnya.

Menurut Heri Mustamin, kegiatan sosial seperti ini sangat meringankan beban masyarakat. Khususnya kaum dhuafa dan masyarakat yang kurang beruntung di Kota Pontianak. Kegiatan ini pun jauh dari kepentingan politik, karena sudah ada saat pandemi melanda.

"Sudah berjalan tiga tahun. Tidak ada unsur politik, hanya keikhlasan beliau. Ini patut untuk dicontoh masyarakat yang berkemampuan untuk menggelar kegiatan serupa," terangnya.

Sementara itu, Wina Handayani bercerita rumah makan ini, lahir sejak awal tahun 2020 saat pandemi Covid-19.

Kondisi yang membuat ekonomi masyarakat morad-madrid membuat hati Wina Handayani terketuk. Ia pun menginisiasi rumah makan gratis.

Tujuannya membantu sesama yang membutuhkan, khususnya masyarakat kurang beruntung di Kota Pontianak.

"Saat pandemi Covid-19 kita tergugah membantu masyarakat yang kurang beruntung di Kota Pontianak. Ini yang menginisiasi rumah makan gratis," kata Wina Handayani.

Rumah makan gratis ini digelar setiap hari Rabu. Aksi ini merupakan gotong royong para donatur yang menyumbang setiap minggunya. Namun, kadang juga menggunakan uang pribadi.

"Setiap hari rabu kita menggelar rumah makan gratis bagi semua kalangan masyarkat. Mulai dari pekerja bangunan, ojek online, pemulung, hingga karyawan kantor," kata Wina.

Ia pun bersyukur, antusias masyarakat sangat tinggi. Bahkan, kadang stok yang disediakan tak mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kita berharap rumah makan ini terus berkembang dapat memberikan kontribusi yang lebih untuk masyarakat yang membutuhkan di Pontianak," pungkasnya. (andi).***

Leave a comment