Cara Menghilangkan Kutek Kuku, Bisa Pakai Pasta Gigi atau Deodoran!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Punya masalah dengan kutek, misalnya cat kuku itu tidak bisa hilang? Tenang, banyak cara untuk menghilangkannya, termasuk pasta gigi atau deodoran.

Tidak hanya pasta gigi dan deodoran, ternyata cara menghilangkan kutek kuku juga beragam. Bahkan, banyak bahan yang sejatinya di luar perkiraan Anda.

Bahan penghilang kutek kuku lainnya sebut saja hand sanitier dan hair spray. Selain itu, masih banyak cara dan bahan lain, jai tidak perlu panik.

Melansir gramedia.com, Selasa (21/11/2023), sebagian orang yang menghapus kutek kuku dengan memakai aseton. Masalahnya, bahan kimia di dalam aseton disinyalir dan merusak kuku dan membuatnya menjadi rapuh.

Nah, berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kutek yang lebih aman serta dapat lakukan di rumah.

  1. Hand Sanitizer
    Produk yang memiliki basis bahan dasar alkohol ini bisa Anda coba untuk menghilangkan cat kuku, tetapi mungkin memerlukan lebih banyak waktu.

Cara untuk menghilangkan kutek dengan hand santizer ini cukup mudah, cukup dengan oles atau semprotkan hand sanitizer pada kuku dan diamkan selama satu menit.

Kemudian, gosok menggunakan tisu atau kapas hingga bersih. Anda mungkin harus mengulanginya hingga beberapa kali bila kutek terlalu tebal.

  1. Pasta Gigi
    Cara menghilangkan kutek kuku berikutnya ialah dengan menggunakan pasta gigi. Sebab, pasta gigi memiliki kandungan etil asetat, yakni senyawa kimia yang secara umum juga terkandung di dalam penghilang kutek.

Anda bisa menggosok kuku menggunakan pasta gigi biasa atau yang memiliki kandungan soda kue karena sifatnya abrasif. Setelah menggosok hingga beberapa menit, bersihkan dengan menggunakan kain, tisu, atau kapas.

  1. Hidrogen Peroksida dan Air Hangat
    Hidrogen peroksida biasa dimanfaatkan dalam berbagai produk kecantikan yang tujuannya ialah untuk mencerahkan. Bahan ini juga disinyalir berguna untuk menghilangkan kutek pada kuku.

Cara membersihkan kutek kuku dengan bahan ini cukup mudah. Anda hanya harus merendam kuku ke campuran hidrogen peroksida dengan air hangat. Cara ini bisa membantu untuk melembutkan kutek sehingga bisa membersihkannya.

  1. Air Lemon
    Bahan alami ini mempunyai sifat basa (alkalizing) serta mudah menempel pada kuku. Cukup menjadikannya sebagai scrub.

Rendam kuku ke dalam air sabun selama kurang lebih 5 menit, lalu gosok dengan memakai irisan lemon secara lembut. Lalu, oleskan pelembap dengan tujuan unutk menjaga kondisi kuku supaya tidak rapuh dan kering.

  1. Hair Spray
    Kandungan alkohol yang ada di dalamnya dipercaya dapat membantu untuk membersihkan cat kuku. Cukup menyemprotkan hair spray ke kapas atau tisu, lalu gosokkan ke kuku.

Lakukan cara tersebut hingga kutek hilang, lalu bilas menggunakan air dan berikan sedikit minyak kutikula supaya kondisi kuku tetap terjaga.

  1. Cuka dan Air Perasan Lemon
    Apabila air lemon dirasa masih kurang memberikan hasil yang sesuai ekspektasi, Ana dapat mencampurnya dengan cuka. Cara menghilangkan kutek kuku ini bukanlah hal yang sulit untuk dicoba.

Campurkan 4 sendok makan (sdm) cuka dan air perasan lemon ke dalam mangkuk. Rendam kuku ke larutan tersebut dan biarkan selama 3 hingga 5 menit. Gunakan tisu atau kapas untuk menyeka cat kuku secara lembut, kemudian bilas hingga bersih.

  1. Deodoran
    Terakhir, cara untuk menghilangkan kutek kuku ialah dengan menggunakan deodoran semprot. Kandungan alkohol yang ada di dalam deodoran dianggap ampuh untuk membantu menghilangkan cat kuku dengan mudah.

Anda cukup menyemprotkan sedikit deodoran ke kuku, lalu menyekanya dengan tisu atau kapas. Pastikan untuk berhati-hati ketika menyemprotkan deodoran karena memiliki risiko terkena mata.

Demikian cara dan bahan untuk menghilangkan kutek kuku. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment