Kementan Sebut 50 Jenis Durian Kalbar Miliki Potensi Genetik yang Luar Biasa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian RI Liferdi Lukman mengatakan bahwa Kalbar memiliki sumber plasma terbesar di Indonesia.

Diakuinya tak sedikit jenis durian dapat dihasilkan di Bumi Khatulistiwa ini.

"Terdapat 50 jenis durian itu ada di Kalbar, oleh karena itu potensi genetik yang luar biasa di Kalbar ini perlu kita gali kemudian kita kembangkan. Kementerian Pertanian hadir untuk mendorong dan mensupport potensi daerah yang dimiliki Kalbar ini," ungkap Lukman.

Menurutnya jika nanti hasil dari Festival Durian yang diperlombakan tersebut sudah mendapatkan hasil, maka Kementerian Pertanian akan berupaya mengembangkan durian terbaik tersebut.

"Kita juga sudah mencoba mendatangkan para konsumen, para investor.
Ternyata, mereka lebih menyukai durian asli Indonesia daripada durian-durian dari Thailand, dari Malaysia, seperti itu. Ya, tergantung pasarnya," terangnya.

Lukman juga mengakui dengan melakukan beberapa penelitian terhadap investor durian bahwa beberapa pasar Negara lain memiliki ciri khas rasa tersendiri.

"Jadi, kalau misalnya pasarnya China, mereka suka durian yang manis tapi ada pahit-pahitnya, mungkin kalau di Jakarta itu cuma cukupnya manis saja," tuturnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalbar pada tahun 2023 ini melaksanakan Festival Buah dan Florikultura.

Tujuan dari festival tersebut adalah untuk meningkatkan value dari produk lokal dan florikultura khas kalimantan barat. ***

Leave a comment