Bahan Alami Ini Bisa Sembuhkan Bibir Gelap, Cobalah!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Banyak jalan menuju Roma, begitu juga mengobati bibir gelap. Dan, Anda tak perlu menggunakan bahan kimia atau perawatan dengan cara operasi, cukup bahan alami ini saja.

Bahan alami yang dimaksud pun tidak sulit ditemukan, bahkan mungkin ada di sekitar Anda selama ini. Cobalah, bibir gelap Anda pun bisa lenyap.

Tapi, yang harus dicatat, bibir gelap yang dimaksud bukanlah warna bawaan lahir. Pasalnya, jika sejak lahir sudah gelap, bahan alami apapun tidak akan mampu.

Melansir Stylecraze.com, Senin (20/11/023), setiap orang dilahirkan dengan warna bibir yang berbeda-beda, namun masalah muncul terjadi ketika hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi adalah kondisi ketika area kulit tertentu menjadi lebih gelap daripada warna kulit di sekitarnya, untuk kasus ini aalah bibir.

Nah, karena Anda tah mengetahui faktor-faktor penyebab bibir gelap, berikut beberapa bahan alami yang bisa mengobati prubahan tersebut.

  1. Minyak Kelapa
    Minyak kelapa memiliki sifat emolien dan melembapkan. Sifat-sifat ini membantu menjaga bibir Anda tetap lembut, halus, dan kenyal serta mencegahnya menjadi kering dan gelap, yang biasanya terjadi akibat dehidrasi kulit.

Caranya, ambil sedikit minyak kelapa murni ke jari telunjuk Anda dan oleskan ke bibir Anda. Biarkan hingga kering. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari.

  1. Lemon dan Madu
    Buah jeruk seperti lemon dikenal karena khasiatnya yang mencerahkan kulit. Jika dikombinasikan dengan madu, lemon tidak hanya mencerahkan bibir Anda tetapi juga membantu melembutkan, merevitalisasi, dan meremajakannya.

Caranya, ambil satu sendok teh jus lemon dan madu. Aduk rata dan oleskan ke bibir Anda. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air. Anda dapat melakukan ini sekali sehari.

  1. Lidah Buaya
    Lindah buaya mengandung aloin, senyawa dengan sifat depigmentasi. Ini dapat membantu memudarkan pigmentasi pada bibir Anda.

Caranya, ambil setengah sendok teh gel lidah buaya yang baru diekstraksi dan oleskan ke bibir Anda. Bilas dengan air biasa. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari.

  1. Jus Mentimun
    Mentimun mengandung antioksidan dan senyawa kaya silika. Senyawa ini dapat membantu memudarkan pigmentasi dan mencerahkan warna kulit gelap.

Caranya, ambil beberapa irisan mentimun dan haluskan. Oleskan pasta tersebut ke bibir Anda dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari.

Catatan, Anda juga bisa memarut mentimun yang sudah dicuci dan dikupas untuk mendapatkan ampas dan sarinya, setelah itu baru dioleskan ke bibir.

  1. Kunyit
    Kurkumin merupakan konstituen utama kunyit. Ini dapat membantu menghambat melanogenesis (pembentukan melanin). Hal ini pada gilirannya dapat mencerahkan bibir Anda.

Caranya, siapkan pasta kental dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air. Oleskan pasta ini ke bibir Anda dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air. Anda dapat melakukan ini sekali sehari.

  1. Minyak Wijen
    Minyak wijen mengandung lignan aktif yang disebut sesamol, yang ditemukan menghambat biosintesis melanin dalam penelitian pada hewan. Oleh karena itu, minyak wijen juga dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap.

Caranya, oleskan minyak wijen pada bibir Anda dan biarkan hingga mengering. Anda dapat mengoleskan kembali minyak jika diperlukan. Anda bisa melakukan ini 2-3 kali sehari.

  1. Delima
    Ekstrak buah delima ditemukan mengurangi aktivitas tirosinase dan produksi melanin. Sifat-sifat ini pada akhirnya dapat mencerahkan bibir yang gelap.

Caranya, ambil satu sendok teh bubuk delima dan buat pasta menggunakan air. Oleskan pasta ini ke bibir Anda dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air biasa. Anda dapat melakukan ini 1-2 kali sehari.

Sebagai informasi, dalam beberapa kasus, bibir gelap mungkin merupakan gejala dari kondisi medis yang mendasarinya, seperti penyakit Addison atau sindrom Laugier-Hunziker.

Dalam kasus ini, membalikkan penggelapan bibir mungkin tidak dapat dilakukan tanpa mengobati kondisi yang mendasarinya.

Demikian informasi soal sekian bahan alami yang bisa mengobati bibir gelap. Semoga brmanfaaat. (Adelina). ***

Leave a comment