Cara Menghilangkan Bibir Gelap Akibat Kebiasaan Merokok

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Kebiasaan merokok memang bukan satu-satunya faktor penyebab bibir gelap. Meski begitu, jika sudah terlanjur, terdapat cara untuk mengembalikan warna bibir Anda.

Cara paling sederhana adalah menghentikan kebiasaan merokok, apalagi sudah sampai tahap berlebihan. Otomatis, bibir gelap akan kembali cerah.

Ya jelas, selain menghentikan kebiasaan merokok, bibir gelap akibat rokok bisa diobati dngan tiga cara. Dan, Anda bisa mencobanya langsung.

Melansir Stylecraze.com dan halodoc.com, Senin (20/11/2023) merokok menjadi salah satu kebiasaan buruk yang memengaruhi penampilan, dapat membuat seseorang memiliki gusi serta bibir yang menghitam.

Bagi beberapa orang, bibir gelap dapat menurunkan rasa percaya diri. Hal ini membuat orang kerap mencari cara menghilangkan bibir hitam secara alami akibat kebiasaan merokok.

Memang setiap orang dilahirkan dengan warna bibir yang berbeda-beda, ada yang memang dari sananya gelap dan adapula yang tidak.

Masalahnya adalah ketika warna yang sebelumnya cerah menjadi gelap. Kenapa bisa terjadi? Ini bisa karena terjadi hiperpigmentasi, untuk hal ini karena rokok.

Nah, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir hitam akibat merokok:

  1. Eksfoliasi
    Melakukan eksfoliasi bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi bibir hitam. Proses eksfoliasi membantu kamu mengangkat sel-sel mati pada bibir sehingga membuat bibir terlihat lebih cerah.

Ini cara melakukan eksfoliasi bibir yang bisa dilakukan:

  • Siapkan bahan eksfoliasi yang alami di rumah, seperti gula pasir, madu, atau minyak zaitun.
  • Campurkan gula pasir dengan madu atau minyak zaitun yang ingin kamu gunakan sebagai bahan eksfoliasi.
  • Setelah campuran menjadi berupa pasta, oleskan tipis pada bibir.
  • Diamkan beberapa saat hingga pasta kering. Kemudian, gosok secara perlahan.
  • Setelah seluruh bagian bibir digosok, bersihkan menggunakan air dan berikan pelembap agar bibir menjadi lebih cerah.
  1. Masker Bibir
    Anda juga bisa menggunakan masker bibir yang terbuat dari berbagai bahan alami untuk mencerahkan bibir. Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan satu sendok teh madu, setengah sendok teh bubuk kunyit, dan setengah sendok teh perasan air lemon sebagai bahan untuk masker bibir.
  • Campurkan seluruh bahan yang telah disiapkan dalam satu wadah.
  • Kemudian, oleskan campur tersebut pada bibir secara tipis.
  • Diamkan hingga kering. Setelah kering, bersihkan bibir menggunakan pelembap.
  1. Penuhi Cairan Tubuh Setiap Hari
    Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih setiap hari agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk mencerahkan bibir secara alami.

Demikian soal cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bibir gelap. Anda bisa melakukan perawatan tersebut secara rutin hingga warna bibir kembali cerah. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment