Sepatu Sport Bukan Sekadar Gaya, Ini Jenis dan Kegunaannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Belakangan penggunaan sepatu sport alias sepatu olahraga semakin mewabah. Tidak sekadar untuk berolahraga, jenis sepatu ini juga sudah dianggap sebagai gaya.

Maka tidak mengherankan, ketika di mana saja Anda menjumpai orang yang memakai jenis sepatu sport meski tidak sedang berolahraga, bahkan dipadukan dengan baju resmi.

Kesan kasual atau santai mungkin yang dicari, selain rasa nyaman, walau sebenarnya masing-masing jenis sepatu sport punya fungsi yang berbeda.

Melansir axe.com, Senin (20/11/2023), sepatu olahraga ada banyak jenisnya, masing-masing disesuaikan dengan tekanan dan frekuensi pemakaiannya.

Ya, desain sport shoes biasanya disesuaikan dengan kondisi dan medan yang akan dihadapi. Nah, biar tak salah pilih, berikut beberapa jenis sepatu sport.

  1. Sepatu Lari
    Memiliki karakteristik empuk, nyaman dan mampu menyerap guncangan, sepatu lari memiliki bobot paling ringan. Sepatu lari hadir dalam beberapa jenis tergantung kebutuhannya.

Sepatu lari biasanya punya foam yang lebih empuk. Sepatu ini bisa jadi pilihan sepatu kasual, untuk pergi ke sekolah, untuk pergi ke pesta, atau bahkan bekerja di kantor.

  1. Sepatu Basket
    Sepatu basket jadi sneakers yang paling banyak dikoleksi. Standarnya dibuat dengan desain high ankle untuk melindungi pergelangan kaki saat melompat, berkelit, ataupun lari di lapangan.

Desain sepatu basket dengan sol yang keras dan lebar juga bisa melindungi kaki dari cedera otot. Defense!

  1. Sepatu Gym
    Jenis sepatu sport yang satu ini paling ringan di antara yang lain. Sepatu gym didesain durable, dengan foam atau sol sepatu yang empuk sehingga aman untuk kaki.

Fokusnya terletak pada pembentukan dan menjaga kelenturan otot. Bagian sol sepatu dibuat lunak dan lentur, sehingga mampu menopang tubuh saat melompat atau bergerak saat nge-gym.

  1. Sepatu Futsal
    Sepatu futsal memiliki desain kombinasi antara sepatu sepakbola dan sepatu tenis. Sepatu futsal yang baik menggunakan sol yang memiliki kemiripan dengan sepatu bulutangkis.

Anda bisa menggunakan sepatu ini sebagai sepatu badminton dan bisa digunakan di tempat dengan permukaan licin!

  1. Sepatu Voli
    Ciri khas sepatu voli adalah bagian sol karetnya cukup tebal, sehingga mampu mencengkeram lebih kuat dibanding sepatu biasa. Maklum, lantai olahraga indoor, khususnya lapangan olahraga voli biasanya lebih licin.

Sol karet yang tebal bikin lebih bebas bergerak ke berbagai sisi, alias lebih lincah. Kebanyakan sepatu voli punya inner sol yang empuk, sehingga enak dipakai buat melompat ataupun mendarat.

  1. Sepatu Tenis
    Memiliki daya cengkeram dengan fleksibilitas untuk melebar ke samping adalah kelebihan dari desain sepatu ini. Terdapat bantalan karet pada bagian solnya dan bobot yang cukup ringan.

Sepatu berpotongan rendah ini diciptakan untuk jenis olahraga menggunakan raket seperti tenis, bulutangkis, dan squash.

  1. Sepatu Golf
    Jenis sepatu ini memiliki paku lunak pada bagian bawah solnya. Padang rumput terkadang punya tekstur yang lunak.

Sebagian sepatu golf memiliki fleksibilitas ganti paku lunak dengan sistem penguncian Q-LOK dan Tri-LOK yang bikin sepatu Anda makin nyaman dan aman saat dipakai.

  1. Sepatu Hiking
    Bagian sol sepatu memiliki bentuk yang bergerigi, sehingga mantap saat dipakai buat menginjak tebing, bebatuan, atau tanah saat mendaki gunung.

Cocok sekali dipakai untuk menempuh medan yang cukup berisiko. Nggak hanya kuat, sepatu ini juga menggunakan bahan yang nyaman dan hangat, cocok untuk suhu ekstrem!

  1. Sepatu Climbing
    Jenis sepatu olahraga panjat tebing yang satu ini cukup tipis, dengan sol yang terbuat dari karet.

Banyak juga sepatu climbing yang bagian atasnya terbuat dari kulit atau serat kain. Bentuk sol yang tipis memudahkan buat edging dan pocket, juga peka merasakan pijakan saat bergerak di tebing.

  1. Sepatu Sepakbola
    Sepatu sepakbola adalah sepatu yang paling gampang dikenali. Jenis sepatu yang satu ini dibuat dengan paku lunak yang menancap ke tanah, sehingga aman digunakan untuk berlari di lapangan.

Anda jadi gampang berkelok, ganti arah, ngoper bola, dan nendang bola sesuka hati. Ada dua tipe sepatu sepak bola, yaitu untuk lapangan keras dan lapangan lembut.

Demikian soal jenis-jenis sepatu sport, sesuai dengan cabang olahraganya. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment