Mengenal Sepatu Olahraga Futsal, Sesuaikan dengan Material Lapangan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Futsal bisa dikatakan cabang olahraga yang sangat berkembang. Lapangan terus tumbuh pun ragam merek sepatu olahraga ini terus bermunculan.

Ya, olahraga futsal seakan sudah menyaingi yakni sepakbola. Kelebihannya terletak pada lapangan kecil, pun pemakaian sepatu futsal bisa lebih luas.

Maksudnya, sepatu futsal bisa dipakai tidak sekadar untuk olahraga saja. Lapangan futsal pun tidak seluas lapangan sepakbola.

Melansir proballmastery.com, Senin (20/11/2023), pembeda sepatu sepakbola dengan futsal soccer yang dilakukan di lapangan indoor yaitu pada sepatu yang digunakan.

Perbedaan itu terdapat pada bagian sol sepatunya, di sepatu sepakbola terdapat pul yang berfungsi sebagai penguat pijakan kaki pada tanah supaya tidak licin.

Sedangkan futsal menggunakan sol karet yang berfungsi sebagai penguat pijakan kaki saat bermain di lantai atau rumput sintetis dan membuat mirip dengan sepatu kets biasa.

Namun sepatu futsal juga memiliki jenis sol berbeda, yang disesuaikan berdasarkan jenis lapangan indoor yang digunakan.

Sebagai informasi, lapangan futsal memiliki dua jenis yaitu vynile (matras) dan rumput sintetis. Dari dua material ini tentunya memiliki keunikan dan karakteristik yang cukup menonjol.

Berdasarkan keunikannya, pastinya akan lebih maksimal jika alas sepatu sesuai dengan karakter lapangan tersebut.

Yang jelas, ada banyak sekali versi sepatu yang diproduksi oleh produsen sepatu, mulai dari tipe/ model, bahan upper, bahan dan jenis sol, kualitas dan lain sebagainya.

Di futsal mengenal sepatu jenis Sol IC dan TF. Sepatu dengan SOL IC dan TF ini sebenarnya adalah bagian dari salah satu dari ke empat macam jenis SOL sepatu bola.

Lebih tepatnya mereka adalah bagian dari jenis sepatu out sol AG (Artificial Ground)/IN (Indoor). Nah, berikut penjelasannya.

  1. Sepatu Futsal SOL IC
    Sol IC adalah akronim dari “Indoor Court". Sepatu yang menggunakan sol ini pada dasarnya digunakan untuk lapangan indoor berlantai halus (matras).

Sepatu ini tidak memiliki stud dan bahan outsolenya biasa terbuat dari rubber (karet). Jenis sepatu yang menggunakan sol Indoor Court ini selanjutnya lebih populer dengan nama SOL IC/IN Indoor.

Walaupun sebenarnya untuk lapangan berlantai halus, saat ini sudah umum para pecinta futsal juga memakai sol jenis ini pada rumput sintetis. Hal Ini dikarenakan saat ini sepatu futsal Sol IC lebih mudah ditemui dari pada sol TF.

Namun penggunaan sepatu futsal Sol IC di lapangan dengan rumput sintetis memiliki risiko cengkraman yang tidak maksimal sehingga menyebabkan pergerakan tak jarang menjadi kurang seimbang karena tapakan kaki terlalu licin.

  1. Sepatu Futsal SOL TF
    SOL TF adalah kependekkan dari “Turf”. Sepatu yang menggunakan sol ini biasa digunakan untuk lapangan indoor dengan rumput buatan.

Pada sol TF biasanya memiliki stud/pul kecil-kecil yang banyak, hal ini dimaksudkan untuk menambah daya cengkram sepatu pada lapangan rumput. Bahan outsole-nya biasanya terbuat dari rubber (karet).

Jenis sepatu yang menggunakan sol Turf ini juga dikenal sebagai SOL TF/TT/Turf. Penggunaan sepatu futsal sol tf di lapangan matras juga tak jarang bisa menghambat akseleritas pemain karena cengkraman stud yang terlalu lekat.

Demikian soal sepatu futsal, yang idealnya dipakai sesuai dengan karakter lapangan yang ada. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment