Pilih Sepatu Gym yang Pas, Hindari Risiko Cedera

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Apalah arti sepatu, misalnya untuk olahraga gym, bagi sebagian orang. Jangan salah, ternyata salah sepatu bisa meningkatkan risiko terjadinya cedera.

Dengan kata lain, memilih sepatu gym yang tepat adalah penting. Jangan sepele, risiko cedera siap menanti Anda jika salah pilih.

Ya, cedera saat olahraga gym mungkin tidak separah reli atau tinju, tapi risiko tetap ada dan itu nyata. Nah, untuk menghindari itu, pilihlah sepatu yang tepat.

Melansir sfidn.com, Senin (20/11/2023), yang jelas, menggunakan sepatu gym yang tidak tepat bisa menghambat performa olahragamu dan juga meningkatkan resiko cedera.

Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk memilih sepasang sepatu yang tepat untuk digunakan ketika nge-gym. Agar tidak tertipu berbagai rayuan iklan, berikut tips memilih sepatu untuk nge-gym.

  1. Ukuran
    Anda pastinya tidak akan nyaman untuk bergerak jika menggunakan sepatu yang kekecilan ataupun yang kebesaran. Oleh karenanya, pilihlah sepatu yang tepat ukurannya di kakimu.

Sepatu yang terlampau sempit akan berisiko memicu bintil lepuhan dan bahkan memar di kulit kaki sedangkan sepatu yang kebesaran akan beresiko terlepasnya sepatu bahkan cedera.

Silahkan memilih yang agak sedikit besar, namun hindari yang terlalu besar. Sepatu yang pas di ukuran kaki akan membuat rasa nyaman ketika menggunakannya.

Nah, jika kamu baru ingin membeli sepatu di toko, maka perhatikanlah hal ini:

  • Disarankan agar memilih sepatu setelah selesai berolahraga atau jogging karena waktu tersebut adalah waktu kaki berada pada ukuran terbesarnya.
  • Setelah memilih, cobalah untuk berjalan atau berlari sebentar, rasakanlah kenyamanan sepatu tersebut saat digunakan.

-Ketika mencoba sepatu baru, maka gunakanlah kaos kaki yang sudah biasa digunakan ketika berolahraga.
Ketika sepatu digunakan, pastikan bisa menggerakan jemari kaki dengan bebas.

  1. Sesuai Latihan
    Di tempat gym, Anda bisa memilih berbagai pilihan latihan sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan saran personal trainer. Nah, setiap jenis latihan membutuhkan jenis sepatu yang berbeda pula.

Untuk latihan yang memanfaatkan gerakan menyilang, maka disarankan agar mengenakan sepatu datar dengan sedikit bantalan. Hal tersebut berguna agar jumlah gerakan pada pergelangan kaki dan sendi lutut bisa diminimalisir.

Tidak hanya itu, setiap jenis latihan pun mempengaruhi dalam pemilihan sepatu, seperti:

  • Angkat beban
    Ketika melakukan latihan angkat beban, Anda diharuskan memiliki genggaman yang kuat di atas lantai. Hal tersebut diperlukan agar bentuk dan sikapmu dalam memeberi pegangan terasa tepat dan aman.

Hindari menggunakan sepatu dengan teknologi yang tinggi ataupun memiliki sol yang tebal ketika berlatih. Agar aman dan efektif, maka gunakanlah sepatu bersol datar ataupun tanpa alas kaki.

  • Kelas kardio
    Di kelas kardio atau latihan kekuatan, Anda dipastikan akan melakukan lompatan ataupun gerakan yang konstan secara terus menerus. Untuk itu, Anda memerlukan sepasang sepatu dengan fleksibilitas tinggi dan adanya bantalan serta dukungan genggaman yang kuat.

Anda bisa memilih sepatu yang memiliki ruang kaki agak lebar agar kaki bisa lebih leluasa dalam bergerak. Pilihlah cross-trainer­minimalis agar mampu memberikan dukungan lengkungan dan pergelangan pada kaki.

  • Treadmill
    Kalau Anda memang memiliki hobi berlari pada alat treadmill, maka kenakanlah sepatu lari yang fleksibel agar kaki bisa bebas menekuk ketika melangkah namun tetap bisa menahan kaki agar tidak menggelinding.
  1. Kebiasaan Berjalan
    Setiap orang tentunya memiliki gaya berjalannya sendiri. Nah, gaya berjalan ini ternyata mampu membantu dalam memilih sepatu gym yang cocok untuk dikenakan.

Jadi, disarankan agar membawa sepatu lama ke toko atau minimal membawa sampel foto sol sepatu agar para paramuniaga toko bisa membantu memilih. Beritahu juga soal bentuk telapak kaki, atau atau tidak.

  1. Sepatu yang Sama
    Nah, jika sepatu gym yang lama memang sudah terasa cocok dan nyaman, maka tak ada salahnya untuk membeli kembali sepatu tersebut dengan model yang sama.

Demikian tips memilih sepatu gym yang tepat sesuai kondisi dan kebutuhan agar tehindar dari risiko cedera. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment