Faktor Penyebab Bibir Gelap, dari Kebanyakan Merokok hingga Kekurangan Vitamin

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Bibir gelap adalah kondisi yang mungkin meresahkan bagi sebagian orang. Itulah faktor penyebab hingga terciptalah lipstik, menyamarkan bahkan mengubah warna bibir.

Namun, meski bisa mempercantik diri, Anda perlu tahu soal faktor penyebab hingga bibir gelap. Artinya, lipstik juga bisa menjadi salah satu penyebab hingga bibir Anda menjadi gelap.

Hal ini penting karena faktor penyebab bibir gelap itu tidak tunggal, selain lipstik bisa juga karena terlalu banyak merokok atau juga karena kekurangan vitamin tertentu.

Melansir Stylecraze.com, Senin (20/11/023), sejatinya faktor penyebab bibir gelap, yang mungkin bisa mengganggu penampilan Anda, bisa dikatakan cukup banyak.

Memang setiap orang dilahirkan dengan warna bibir yang berbeda-beda, ada yang memang dari sananya gelap dan adapula yang tidak. Masalahnya adalah ketika warna yang sebelumnya cerah menjadi gelap. Kenapa bisa terjadi?

Ini bisa ada karena hiperpigmentasi terjadi. Oleh karena itu, penting untuk mengenali faktor penyebab dan kemudian mencari perawatan yang berhasil menghilangkan bibir gelap.

Nah, bibir gelap mungkin disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  1. Sinar Matahari
    Peningkatan paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin pada kulit Anda sehingga menyebabkan pigmentasi.
  2. Rokok
    Merokok berlebihan dapat menyebabkan jenis pigmentasi yang dikenal sebagai melanosis perokok.
  3. Alergi
    Respon alergi terhadap produk tertentu seperti pasta gigi, lipstik, dan lain-lain juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir Anda.
  4. Terapi Medis
    Terapi medis untuk kondisi seperti sindrom Laugier-Hunziker dan sindrom Peutz-Jeghers, serta pigmentasi paska trauma juga dapat memengaruhi bibir Anda dan menyebabkannya terlihat gelap.
  5. Vitamin
    Kekurangan vitamin B12, menurut ahli juga bisa menyebabkan bibir gelap. Kekurangan vitamin lain yang terkait dengan bibir gelap adalah kekurangan vitamin B2, B3, dan B6.

Vitamin ini berperan penting dalam kesehatan kulit, dan kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan bibir menjadi kering, pecah-pecah, dan berubah warna.

  1. Seng
    Seng adalah mineral penting untuk kesehatan kulit, dan kekurangannya dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk bibir gelap.
  2. Zat Besi
    Anemia defisiensi besi atau kekurangan zat besi dapat menyebabkan bibir pucat, tetapi hal ini biasanya tidak berhubungan dengan penggelapan bibir.

Tapi jangan panik, pasalnya secara umum, Anda dapat menghilangkan perubahan warna ini sepenuhnya dengan bahan-bahan alami dan organik daripada menggunakan produk atau obat-obatan buatan.

Bahkan para ahli mengatakan, bibir gelap bisa berubah menjadi merah muda dengan perawatan dan perawatan yang tepat.

Namun, untuk membuat bibir menjadi merah muda, penting untuk mengidentifikasi penyebab bibir gelap dan mengatasinya.

Sebagai informasi, bibir gelap yang disebabkan oleh merokok berlebihan atau paparan sinar matahari dapat diatasi dengan berhenti merokok dan menggunakan tabir surya.

Demikian pula, bibir gelap akibat pengobatan tertentu dapat memudar setelah pengobatan dihentikan atau diganti.

Demikian soal bibir gelap dan faktor penyebab yang bisa menjadi catatan Anda. Ketika Anda mengetahui penyebabnya, maka solusinya menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment