Cara Khusus Tambahkan Nomor Halaman Ms Word: Tak Termasuk di Cover

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kamu yang sedang mengerjakan makalah atau skripsi, penting rasanya mengetahui cara khusus tambahkan nomor halaman Ms Word tanpa termasuk di cover depan.

Pasalnya, penjelasan mengenai cara khusus tambahkan nomor halaman Ms Word yang tak termasuk di cover ini dirasa sulit bagi sebagian pengguna. Umumnya, bila nomor dimasukkan seluruh deretan paper akan terisi penuh.

Karena kesulitan inilah, kiranya penting bagimu untuk mengetahui panduan yang terpadu di dalam cara khusus tambahkan nomor halaman Ms Word, namun tidak termasuk pada halaman cover depan.

Ms Word, atau biasa dikenal dengan Microsoft Word, merupakan aplikasi perkantoran yang memudahkan untuk membuat sebuah dokumen. Salah satu fitur yang terkandung di dalamnya adalah penambahan nomor halaman.

Fitur pembubuhan nomor halaman ini dikenal dengan nama Footer. Sehingga, kamu tidak perlu repot memberikan nomor satu persatu pada setiap lampiran dokumen yang sedang digarap.

Sayangnya, ketika sedang menambahkan nomor halaman semua lembar dokumen tersebut akan ikut terisi. Padahal, beberapa karya ilmiah mengharuskan cover tidak boleh ikut diberikan nomor halaman..

Oleh karena itu, tidak jarang kamu akan membuat cover terpisah dari isi halaman. Namun, bila kamu mengetahui trik khususnya cara tersebut tidak perlu lagi terus diterapkan.

Sebab, Ms Word sudah memuat fitur non berkesinambungan halaman ini yang dikenal dengan istilah 'Breaks'.

Agar dapat melakukan fitur Breaks dengan benar. Simaklah cara khusus menambahkan nomor halaman yang tidak termasuk di dalam cover depan ini. Berikut ini keterangannya:

Gunakan Fitur Breaks.

Breaks sendiri merupakan fitur penambahan halaman yang terpisah. Sehingga dengan kemampuan ini, kamu bisa memberi nomor halaman pada isi halaman, serta terbebas dari cover depan.

Perhatikanlah tutorial yang akan dibagikan di bawah ini:

  • Buka dokumen skripsi atau makalah di Ms Word.
  • Arahkan kursor pada bagian paling akhir di halaman cover, hal ini bertujuan untuk menambahkan halaman baru dengan fitur Breaks.
  • Klik menu 'Layout' agar dapat mengakses fitur Breaks.
  • Kemudian, pilihlah opsi 'Next Page'.
  • Dengan begitu, halaman utama (yakni cover) akan terpisah dengan halaman isi.
  • Klik dua kali pada bagian paling bawah halaman tersebut, sehingga fitur 'Footer' akan muncul.
  • Silahkan bumbuhi halaman pada halaman tersebut.
  • Untuk tampilan awal, nomor yang disematkan ini pun akan terus berkesinambungan hingga akhir.
  • Untuk memisahkan antara cover dan isi halaman agar tidak timbul nomor halaman continuity, silahkan menuju ke lampiran kedua.
  • Klik bagian Footer, kemudian buka opsi 'Header and Footer'.
  • Batalkan kesinambungan tersebut dengan mengetuk opsi 'Link to Previous'.
  • Nomor pun tidak akan berurutan secara terus menerus hingga halaman pemisah ini.

Dengan menerapkan cara ini, kamu tidak perlu lagi memisah dokumen menjadi 2 file yang berbeda karena takut nomor halaman yang berkesinambungan.

Melainkan, dengan fitur Breaks ini cover depan tidak akan lagi dibumbuhi oleh nomor halaman yang sempat disematkan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara khusus tambahkan nomor halaman tanpa termasuk cover depan. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment