2 Cara Grup WhatsApp Tidak Disusupi Orang Tak Dikenal: Pasti Aman dari Orang Asing

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Masuknya orang asing ke dalam grup WA kerap tidak disukai. Untuk menimalisirnya, kamu perlu tahu tentang 2 cara grup WhatsApp tidak disusupi orang tak dikenal.

Dalam pembahasan 2 cara grup WhatsApp tidak disusupi orang tidak dikenal yang akan dibagikan ini, pastinya akan membuat grup WA lebih aman ditunggangi oleh orang asing di luar sirkel pertemanan.

Oleh sebab itu, tutorial mengenai 2 cara grup WhatsApp tidak disusupi orang tak dikenal ini merupakan filter yang cukup ampuh. Sehingga, pengguna diluar sirkel perteman tidak bisa mengintip percakapan yang sedang berlangsung.

Grup WhatsApp sendiri merupakan layanan bagi suatu komunitas dapat berinteraksi satu sama lain. Sehingga, mereka tidak perlu memberikan informasi ke setiap individu yang berada di dalam kontaknya.

Akan tetapi, grup WhatsApp sendiri masih kerap menimbulkan masalah jika ada orang asing yang berhasil masuk ke dalamnya. Sehingga, percakapan yang awalnya seru berubah menjadi runyam.

Kehadiran pengguna yang tidak diundang ini lumrahnya terjadi kesalahan dari admin. Salah satunya, ketika leader tersebut tanpa sengaja memberikan salinan tautan link grup ke orang lain.

Dengan begitu, orang yang menerima tautan link tersebut dapat dengan mudah memasuki grup yang tidak mengundangnya dengan sengaja.

Adapun penjelasan artikel ini, tidak lain dikhususkan bagi anggota yang statusnya juga menjadi admin dalam suatu obrolan grup WhatsApp. Merekalah yang mendapat kendali penuh padanya.

Selanjutnya, pembahasan artikel ini juga disesuaikan dengan perangkat yang sedang digunakan oleh pengguna. Jadi, pastikan smartphone cocok dengan panduan yang akan dibagikan.

Biar pembahasan 2 cara grup WhatsApp tidak disusupi orang tak dikenal bisa dipahami dengan mudah, berikut ini pembahasan lengkapnya:

  1. Batasi Penyusup di Android.

Penjelasan pertama mengenai pembatasan grup WhatsApp menyasar bagi pengguna ponsel bersistem Android. Langkahnya mudah dilakukan, sebagaimana berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp yang terpasang di tablet atau smartphone Android.
  • Setelah masuk ke ruang obrolan, pilihlah grup yang ingin diamankan dari penyusup.
  • Klik profil grup WhatsApp.
  • Gulir layar ke bawah hingga menemukan 'izin Grup'.
  • Setelahnya, gulir kembali layar ke bawah. Ketuk opsi 'Admin dapat setujui peserta baru'.
  • Kemudian, geser toggle yang berada di sampingnya untuk mengaktifkan pengamanan grup dari orang asing.
  1. Amankan Grup di Iphone.

Berbeda dengan cara di atas, mengamankan grup WhatsApp dari orang asing pada Iphone sedikit memiliki perbedaan. Berikut ini langkah lengkapnya:

  • Buka WhatsApp.
  • Masuk ke grup yang hendak diproteksi dari orang asing.
  • Klik profil grup.
  • Gulir ke bawah, hingga dapat menemukan 'Grup Permission'. Ketuklah opsi tersebut.
  • Kemudian, gulir kembali layar hingga mendapati tulisan bertajuk 'Approve New Participant'.
  • Di bagian sampingnya, geserlah toggle hingga menyala berwarna hijau.

Setelah melakukan hal tersebut, orang lain tidak dapat masuk secara otomatis meski mendapati tautan link grup.

Mereka akan disaring terlebih dahulu oleh admin grup. Hal ini diketahui terdapat tulisan pada link yang berbunyi 'Admin harus menyetujui permintaan Anda'.

Demikianlah pembahasan mengenai 2 cara grup WhatsApp agar tidak disusupi oleh orang tak dikenal. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment