Cara Khusus Pasang Fingerprint pada Incognito Chrome: Dijamin Privasi Pencarian Situs Lebih Terjaga

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk mengamankan privasi lebih ketat, mode Incognito Chrome sudah diberikan kemampuan untuk mengatur fingerprint yang hanya bisa diakses, atau dibuka oleh pengguna.

Salah satu upaya pengamanan privasi riwayat pencarian ini, oleh Incognito Chrome dituangkan dalam sistem fingerprint. Sehingga, orang lain yang mencoba membuka histori penelusuran situs pengguna tidak dapat mengaksesnya.

Dengan mengetahui cara khusus memasukkan fingerprint pada Incognito Chrome, pengguna tidak perlu lagi khawatir bila suatu waktu terjadi usaha pembobolan oleh orang tidak bertanggung jawab. Bisa dipastikan, mereka tidak mendapat aksesnya.

Sebenarnya, penerapan sistem password berjenis biometrik dengan bentuk fingerprint ini baru diterapkan oleh Incognito pada awal tahun 2023. Berkat sistem ini, pengguna lain yang tidak memiliki sidik jari tersebut akan merasa kesulitan ketika hendak melacak riwayat pencarian.

Menjelang akhir tahun 2023, fitur ini sudah dapat dinikmati baik oleh pengguna Android ataupun Iphone. Asalkan, kamu harus mengetahui setiap langkahnya dengan benar.

Bila hendak melakukannya, fitur penguncian berdasarkan fingerprint ini, bisa ditemukan pada Incognito dengan nama Lock Incognito Tab. Artinya, setiap tab yang dibuka padanya akan terkunci otomatis bila selesai mengoperasikannya.

Maksudnya, sistem ini tidak bekerja seperti penguncian aplikasi. Sebab, cara kerjanya melalui setiap halaman situs yang pernah dikunjungi dalam bentuk tab.

Untuk membukanya cukup mudah, pengguna hanya perlu menempelkan sidik jari yang pernah discan pada setiap tab. Setelah itu, sistem akan memproses dan membuka kembali situs tersebut.

Supaya dapat mengetahui cara khusus menerapkan fingerprint pada Incognito Chrome, simaklah panduan di bawah ini dengan seksama:

  • Buka aplikasi Chrome yang terinstal di perangkat.
  • Klik ikon titik tiga yang terletak pada bagian atas dan sebelah kanan layar.
  • Masuk ke menu 'Pengaturan' atau 'Settings'.
  • Setelah itu, akses layanan 'Privacy and Setting'.
  • Klik opsi 'Lock Incognito tabs when you leave Chrome', yang bermakna 'Kunci tab incognito ketika kamu keluar Chrome'.
  • Geser togel ke 'On' untuk mengaktifkannya.

Dengan begitu, setiap tab yang pernah dibuka akan dikunci otomatis setiap kali keluar dari chrome. Sidik jari ini sama dengan fingerprint yang pernah dilakukan untuk penguncian smartphone.

Layanan ini sangat berguna bagi pengguna yang ruang privasinya tidak ingin bocor. Dengan catatan, pengguna harus merelakan waktu agar sistem membaca fingerprint setiap kali hendak membuka sebuah tabs, atau baru saja masuk ke chrome.

Kelebihan utama ini sangat menekankan autentikasi pengguna. Hampir dipastikan, seluruh histori pencarian akan dikemas dalam sistem pengamanan yang mengusung prinsip kerahasiaan ketat.

Sehingga, kamu tidak perlu panik bila suatu waktu perangkat ponsel yang digunakan dibobol oleh hackers. Mereka tidak akan sampai membaca riwayat pencarian Chrome, karena sudah dilindungi oleh penguncian Incognito.

Sebagai catatan tambahan, penerapan keamanan biometrik fingerprint ini hanya bisa dilakukan pada perangkat yang sudah mendukung sistem penguncian sidik jari saja.

Demikianlah uraian lengkap mengenai cara khusus menerapkan fingerprint pada Incognito Chrome. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment