Lima Jenis Durian Unik yang Ada di Indonesia, dari Mirip Terong hingga Berwarna Pelangi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Siapa tak kenal durian, buah yang berjuluk 'Raja Buah' ini memang terkenal nikmat. Usut punya usut, ternyata buah berduri ini memiliki jenis yang unik.

Musang king atau montong, mungkin sudah mainstream. Nyatanya, durian memiliki jenis yang unik, sebutan saja durian terong dan durian pelangi maupun lainnya.

Dikatakan unik karena masing-masing jenis durian ini tidak seperti kebanyakan. Ada perbedaan pada rasa, warna, hingga bentuknya.

Melansir gramedia.com, Senin (13/11/2023), sejatinya banyak jenis durian yang ada di Indonesia Ada beberapa jenis durian malah berasal dari negara jiran alias tetangga dan kemudian dikembangan di Indonesia.

Meski begitu, bukan berarti Indonesia tidak punya durian khas. Selain durian yang selama ini dikenal, kebanyakan namanya disesuaikan dengan asal daerah di mana dia tumbuh, terdapat jenis yang unik.

Nah, berikut lima jenis durian unik yang ada di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

  1. Durian Terong
    Durian terong bisa dikatakan dari Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Disebut durian terong karena bentuk buahnya yang bulat seperti bola dan besarnya seperti buah terong asam.

Berat durian ini kurang lebih 850 gr-1,5 kg per buah. Ukuran dari buah durian terong memang kecil namun ketebalan dan rasa dagingnya luar biasa. Dalam satu buah terdapat 5 juring, setiap juringnya berisi pongge daging durian.

Pada biji dengan ukuran yang normal, bulat, lonjong dimana setiap satu buah terdapat 1–2 biji yang kempes dengan ketebalan daging mencapai 3 cm.

  1. Durian Lai
    Durian layi bisa dikatakan berasal dari lereng bukit di pedalaman Kalimantan Tengah. Ciri khas buah ini adalah warnanya oranye yang sedikit pucat dengan rasa manis seperti ubi.

Dagingnya tebal dan mengandung sedikit alkohol. Baunya juga tidak begitu menyengat. Selain Kalimantan Tengah, durian lai juga ditemukan di Kalimantan Timur. Buah yang satu ini juga dibudidayakan di Queensland, Australia.

  1. Durian Sidodol
    Durian sidodol bbisa dikatakan berasal dari Karang Intan, Kalimantan Selatan. Kelebihan dari jenis durian ini yaitu tahan terhadap serangan fusarium dan hama penggerek buah.

Disebut sidodol karena bentuknya hampir sama dengan jajanan dodol. Ukuran buahnya kecil dan biasanya mempunyai berat antara 1,5-2,5 kg.

kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan bagian duri tumpul dan kerucut. Dagingnya cukup tebal, kuning, halus, manis, berlemak dan sedikit lunak dengan biji kecil.

  1. Durian Merah
    Pada umumnya berwarna kuning, varietas durian satu ini cukup unik. Bukan sekedar nama, jenis durian merah memang menggambarkan ciri khas warna daging buah durian merah merona di dalamnya.

Durian ini mempunyai nama latin Durio graveolens ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Daging dari buah durian merah sangat lembut namun tidak lembek.

Sementara dari segi ukuran, durian merah sama saja dengan durian lainnya. Pun mempunyai warna kulit yang sama dengan kebanyakan durian lain yaitu kuning, namun biasanya berukuran lebih kecil dibanding dengan durian-durian lain.

  1. Durian Pelangi
    Durian pelangi berasal dari Manokwari, Papua Barat. Buah durian ini memiliki keunikan di warna dagingnya yaitu perpaduan antara merah muda, merah tua, dan krem dengan semburat hijau di sudut pongge.

Jenis durian pelangi mempunyai rasa yang sangat manis dan tekstur lembut namun lengket. Durian ini juga termasuk jenis yang berproduktif, di mana setiap pohon pertahunnya dapat berbuah sampai 400-800 buah.

Hal ini membuatnya memiliki panen yang lebih banyak, dibandingkan dengan jenis lain yang rata–rata hanya berkisar 150 buah per pohon.

Demikian tentang lima jenis durian yang unik dan tumbuh subur di Indonesia. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment