Jenis Ikan Arwana yang Perlu Diketahui, dari Kalimantan Barat hingga Australia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ikan hias pembawa hoki, arwana, memiliki banyak jenis. Keberadaanya begitu menyebar, ada yang berasal dari Kalimantan Barat hingga Australia.

Arwana yang dikenal dari Kalimantan Barat adalah jenis super red. Ikan ini hidup di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Di Borneo, selain dari Kalimantan Barat, ada juga arwana yang dikenal dengan jenis arwana Banjar. Yang jelas, ikan ini memiliki ciri tertentu tergantung daerah asalnya.

Na, berikut beberapa jenis arwana yang perlu iketahui seperti dilansir gramedia.com, Rabu (8/11/2023).

  1. Ikan Arwana Super Red
    Salah satu ciri khas ikan hias yang populer ini adalah kulitnya yang berwarna merah seksi serta atraktif. Umumnya, ikan jenis ini terbagi menjadi 4 warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabai (chili red), merah oranye (orange red), dan merah emas (golden red).

Ikan yang berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum ini berada di Kalimantan Barat, terkenal juga sebagai habitat Super Red (chili dan blood red). Biasanya, ikan dengan nama latin Scleropages legendrei ini dibandrol mulai dari Rp2 jutaan tergantung kepada varietasnya.

  1. Ikan Arwana Hijau
    Ikan ini memiliki ukuran kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis arwana lainnya. Ikan dengan nama lain sebagai golden pino ini umumnya berasal dari berbagai negara di Asia, seperti Kamboja, Myanmar, Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Ikan Arwana ini termasuk hewan yang cukup populer karena memiliki warna kulit dengan perpaduan kuning, emas, serta hijau yang begitu indah. Berkat keunikannya itu, harganya sekitar Rp4 jutaan.

  1. Ikan Arwana Brazil
    Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan arwana yang paling populer di wilayah Nusantara. Umumnya, ikan ini kemudian dijual dengan kisaran harga Rp2 juta.

Ikan Arwana Brazil juga memiliki kemampuan untuk melompat tinggi di udara saat menangkap mangsanya, yaitu serangga. Hewan air yang memiliki ciri khas sisik ini berwarna silver dan sirip yang panjang ini, juga akan bertumbuh sepanjang 1 meter saat dewasa.

  1. Ikan Arwana Red Tail Golden
    Ikan arwana red tail golden ini asli Indonesia yang langka serta memiliki sifat natural agresif ini memiliki harga mencapai Rp4,5 juta. Jika bicara soal ukuran tubuh, maka saat mencapai usia dewasa, ikan ini kemudian bisa mencapai 90 cm.

Umumnya, arwana jenis ini juga memiliki warna biru hijau dan keemasan ini, serta berasal dari daerah Riau serta wilayah Sumatera lainnya.

  1. Ikan Arwana Platinum
    Ikan ini juga memiliki palet warna yang sangat cantik dan mengkilap, serta tekstur sisik yang sangat halus. Oleh sebab itu, wajar saja kalau hewan ini kemudian menjadi salah satu varietas tercantik, sekaligus ikan arwana termahal.

Jenis arwana paltinum harganya bisa mencapai Rp6 miliar rupiah untuk per ekornya.

  1. Ikan Arwana Black Golden
    Terbilang sebagai jenis ikan hias yang cukup mahal yang pernah ada. Sebab, ikan ini sangat langka dan sangat sulit ditemukan, termasuk juga dengan tempat tinggalnya, yang berada di daerah rawa di Penang, Malaysia.

Selain itu, ikan ini juga memiliki perpaduan warna sisik yang cantik, yaitu warna emas dan hitam. Oleh sebab itu, tidak heran jika ikan hias ini kemudian sangat populer dan dijual dengan harga sekitar Rp18 jutaan.

  1. Ikan Arwana Arapaima
    Arapaima merupakan jenis ikan arwana yang langka. Ikan ini termasuk jenis arwana terbesar di dunia, yang bahkan panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan berat mencapai hampir 200 kg.

Bahkan, ikan jenis ini sudah ke dalam kategori hewan langka, yang kemudian hanya ada di Sungai Essequibo dan Sungai Amazon. Saat sungai mulai kering, hewan ini akan menggulungkan diri membentuk bola serta membenamkan dirinya ke dalam lubang, sampai air kembali datang.

  1. Ikan Arwana Banjar
    Ikan yang satu ini memiliki nama julukan Banjar red arowana dan tidak tampak berwarna merah. Namun, ikan ini juga sangat menonjol dengan siripnya berwarna orange, serta ekor dengan warna yang kekuning-kuningan.

Jenis ikan arwana ini juga dapat mencapai 90 cm dan dapat dibeli dengan harga sekitar Rp2 jutaan.

  1. Ikan Arwana Batik
    Ikan yang hadir dengan corak tubuh mirip dengan kain batik ini kemudian memiliki kulit berwarna perunggu yang dominan, serta dengan perpaduan warna silver.

Oleh sebab itu, tidak heran kalau jenis ikan arwana ini kemudian menjadi sangat populer dan masuk ke dalam kategori ikan dengan harga yang cukup mahal, yaitu mencapai Rp50 jutaan.

  1. Ikan Arwana Jardini
    Ikan yang berasal dari Australia serta Papua ini memiliki nama lain Jardini Arowana. Biasnya, ikan ini memiliki kulit berwarna kuning keemasan dengan berat mencapai 17 kg serta panjang sekitar 90 cm.

Jika dilihat secara sekilas, tampilannya memang serupa juga dengan ikan arwana Asia. Untuk memiliki arwana Papua ini, maka Anda harus mengeluarkan budget sekitar Rp4 jutaan.

Demikian soal jenis ikan arwana yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment