Mengenal Arwana, Ikan Pembawa Hoki yang Harganya Tak Pernah Surut

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Ada beberapa jenis ikan yang dipercaya membawa hoki atau keberuntungan bagi yang memiliharanya. Sebut saja arwana, koi, maupun lou han.

Nah, arwana cenderung menonjol karena disebut sebagai spesies yang ada sejak zaman purba. Tak pelak, para pencari hoki berlomba memeliharanya.

Apalagi, selain indah, harga ikan hoki arwana cenderung tidak pernah surut. Hal inilah yang kian menambah prestise jenis ikan tersebut.

Melansir rumah.com dan gramedia.com, Rabu (8/11/2023), ikan arwana merupakan salah satu ikan hias yang memberikan tampilan rumah Anda menarik. Dan tentunya, ikan ini juga dipercaya bisa memberikan hoki.

Ikan arwana memiliki ukuran tubuh yang besar dan memiliki bentuk mulut yang unik dengan bagian bawah mulutnya yang tampak seperti menajam ke arah atas.

Ikan ini juga termasuk ke dalam salah satu keluarga ikan tertua yang ada di dunia dan memiliki banyak sekali famili yang berbeda sejak dulu kala.

Dalam sebuah studi genetik serta temuan fosil menunjukkan bahwa arwana setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu. Asia Tenggara bisa dikatakan sebagai salah satu pusat penyebaran arwana.

Bahkan, studi yang dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, memunculkan fakta bahwa jenis ikan Arwana Asia Tenggara terdiri dari beberapa spesies yang berbeda, diantaranya adalah arwana hijau, emas, perak, dan merah.

Hingga saat ini, sudah ada banyak sekali jenis arwana yang berbeda dan terus diternakkan supaya bisa mendapatkan keturunan ikan dengan warna yang unik dan pola yang berbeda-beda.

Popularitas dari ikan arwana sempat mengalami peningkatan yang sangat tinggi pada beberapa tahun yang lalu. Hingga saat ini, harga ikan arwana cukup stabil dan banyak sekali pecinta ikan yang berani membeli dengan harga sangat tinggi.

Ya, ikan arwana sangat diminati oleh orang yang gemar memelihara ikan di seluruh dunia, karena sering dilihat sebagai simbol keberuntungan, kekayaan, serta kemakmuran.

Pemilik ikan ini percaya bahwa jika dirawat dengan baik, maka ikan ini kemudian akan melindungi mereka dari kemalangan serta bahkan memberi mereka keberuntungan.

Membawa keberuntungan karena menyerupai naga tradisional Tiongkok serta dianggap sebagai salah satu ikan Feng Shui terbaik. Bahkan, sebagian orang meyakini bahwa ikan ini kemudian memperkenalkan energi ‘YANG’, pemberi kehidupan yang bermanfaat ke air.

Dalam bahasa Mandarin, ikan ini memiliki nama shui long atau juga bisa disebut sebagai ikan naga. Banyak sekali cerita tradisional yang mengisahkan ikan ini bisa memberikan keberuntungan bagi siapapun yang merawatnya.

Menurut National Geographic, ikan arwana merupakan ikan akuarium termahal di dunia. Meskipun tergantung dengan jenisnya, tetapi harga ikan arwana ini dilansir tidak ada yang berada di bawah 1 juta rupiah.

Untuk jenis ikan arwana yang termurah adalah arwana Brazil dan dibanderol dengan harga 2 juta rupiah, serta untuk arwana termahal adalah jenis ikan arwana Platinum yang harganya dapat mencapai miliaran rupiah.

Nah, berikut cara merawat ikan arwana di rumah.

  1. Siapkan Akuarium
    Pilihlah akuarium dengan ukuran yang cukup besar, yakni tiga kali lebih besar dari ukuran tubuh ikan tersebut. Namun, untuk langkah awalnya Anda dapat membeli ukuran sedang.

Lalu, seiring berjalannya waktu, Anda bisa menyiapkan tempat yang lebih besar agar ikan peliharaan bisa bertumbuh dengan lebih baik serta mendapatkan ruang gerak yang lebih leluasa.

  1. Menjaga Temperatur Air
    Termometer akuarium yang berfungsi untuk pengaturan suhu. Alangkah baiknya, Anda harus dapat melakukan penyesuaian suhu air di antara 26-30 celsius agar kemudian dapat menjaga pertumbuhan ikan Arwana.

Untuk mendapatkan hasil suhu yang akurat, sebaiknya Anda juga bisa menggunakan termometer air. Selainnya jangan lupa untuk menjaga kadar pH air antara 5-8.

  1. Lengkapi Perlengkapan Akuarium
    Saat memutuskan untuk memelihara ikan hias, maka Anda juga memerlukan perlengkapan ekstra, seperti di antaranya pada filter, aerator, lampu TL, dan heather.

Setiap alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, pastikan dalam melengkapi peralatan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Pilih Hiasan Akuarium yang Tepat
    Hindari untuk menggunakan hiasan yang berlebihan. Meskipun bertujuan untuk mempercantik akuarium, ternyata jika terlalu banyak hiasan justru menimbulkan efek buruk untuk ikan, yaitu mengganggu tumbuh kembang ikan.

Selain itu, jangan menggunakan hiasan dengan ujung tajam karena bisa melukai tubuh ikan.

  1. Menjaga Kebersihan Akuarium
    Kebersihan di dalam akuarium sangatlah penting. Untuk itu, pastikan Anda menyedot ataupun menjaring kotoran secara rutin.

Apalagi, kotoran ikan serta makanan dalam akuarium, mengandung sedimen yang kemudian akan mempengaruhi kesehatan ikan.

  1. Pencahayaan Akuarium
    Salah satu hal terpenting untuk menjaga kehidupan ikan hias ialah pada cahaya yang terang. Namun, pastikan juga untuk tidak mengaturnya terlalu panas agar ikan tetap merasa nyaman.

Pilihlah juga lampu sesuai dengan ukuran akuarium yang Anda gunakan.

Demikian soal arwana, ikan pembawa hoki yang harganya tak pernah surut. (Adelina). ***

Leave a comment