Ini 5 Manfaat Makan Durian untuk Kesehatan, Asal Jangan Berlebihan Ya!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Buah durian tidak hanya lezat dengan aromanya yang khas. Tapi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Yang penting, jangan dimakan secara berlebihan, ya!

Si raja buah ini, mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Seperti kandungan vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat dan serat.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai referensi, setidaknya, buah khas dari Asia Tenggara ini memiliki lima manfaat bagi kesehatan. Berikut penjelasannya:

1. Cegah Penuaan Dini

Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, makan durian bisa bikin Anda lebih awet muda!

2. Cegah Depresi

Kandungan asam amino esensial triptofan di dalam durian bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin. Manfaatnya tak hanya meningkatkan kualitas tidur saja, tapi juga sebagai penstabil suasana hati. Hal ini berdampak pada penurunan kadar depresi dan kecemasan dalam tubuh

3. Mengatasi Insomnia

Durian memiliki senyawa bernama triptofan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi juga berkontribusi terhadap kualitas tidur yang baik.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Inilah penjelasan manfaat buah durian bagi tubuh bila dikonsumsi dengan tidak berlebihan, dan memperhatikan hal-hal yang lainnya. ***

Leave a comment