Pj Bupati Kayong Utara Usulkan Program Kesehatan Prioritas ke Kemenkes

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Penjabat atau Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menyampaikan sejumlah usulan program pembangunan kesehatan ke Kemenkes.

Di antaranya, meminta pengadaan laboratorium kesehatan daerah segera direalksasika. Selanjutnua, meminta penambahan ruang rawat inap rumah sakit.

Kedudian penambahan sarana dan prasarana radiologi, serta mengusulkan program beasiswa pendidikan dokter spesialis.

Usulan program ini disampaikan Romi Wijaya didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB, Iwan Dwi Purnomo dalam forum audensi dengan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan atau Fasyenkes Kementerian Kesehatan, Kamis (2/11/2023).

Iwan berharap usulan yang disampaikan dalam audiensi ini menjadi perhatian penting Kemenkes, sehingga bisa direalisasikan.

Menutnutnya, membangun fasilitas kesehatan tidak bisa sendirian. Apalagi Pemerintah Kabupaten Kayong Utara memiliki anggaran yang terbatas. Karena itu, perlu dukungan Kemenkes untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada.

"Nah, salah satu ikhtiar kami adalah menyampaikan usulan ke Kemenkes terkait apa-apa yang keperluan masyarakat Kayong Utara, utamanya bidang kesehatan," ucapnya.

Direktur Fasyankes Kemenkes, Aswan Usman menyambut baik audiensi Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya dan rombongan, untuk mendorong program prioritas di bidang kesehatan di wilayahnya.

"Kami sangat berterimakasih rombongan bapak Pj Bupati Kayong Utara berkunjung ke tempat kami," ucap Aswan.

Ia pun menegaskan, Kementrian Kesehatan saat ini memang lagi melakukan upaya-upaya transformasi pembanguna kesehatan dengan memperkuat layanan rumah sakit di daerah.

"Pengembangan rumah sakit, memang jadi program prioritas. Kita lebih banyak membantu rumah sakit terkait kemandiriannya dan kita akan memberikan bantuan alat kesehatan," jelasnya.

Namun dia menekankan, program pengembangan rumah sakit juga disesuaikan dengan SDM yang dimiliki.

"Nah terkait dengan SDM ini maka setiap rumah sakit harus mendata dan mengirimkan ke kita kebutuhan SDM-nya yang nantinya kita akan bantu khususnya di Dirtjen Nakes," tambahnya.

Ia pun memastikan pengusulan program ketahanan kesehatan pemerintah Kabupaten Kayong Utara, terkait pengadaan laboratorium kesehatan daerah masih dalam proses dan koordinasi lebih lanjut.***

Leave a comment