Ragam Laksa yang Khas di Indonesia: di Banjar Pakai Haruan, di Bogor Pakai Oncom

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Laksa adalah makanan khas yang identik dengan negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Meski begitu tidak ada rasa yang baku, contohnya laksa Banjar yang mengandalkan haruan.

Sementara laksa di Malaysia, Singapura, dan Thailand cenderung menggunakan bahan yang khas dan berbeda. Di Indonesia pun, laksa Banjar berbeda dengan daerah lainnya.

Contohnya di Bogor, laksa di kota itu malah ditambahi oncom. Pun, daerah lain di Indonesia seperti Medan, Palembang, dan sebagainya masing-masing laksa tampil khas.

Melansir nibble.id, Sabtu (21/10/2023), laksa adalah makanan yang bisa dicampur apapun dan memanfaatkan bahan yang sudah tersedia. Itu sebabnya laksa berperan sebagai jembatan antarbudaya.

Yang jelas, secara umum, semangkuk laksa berisi kuah kental hangat dengan citarasa gurih, pedas, kadang sedikit asam, serta mengandung rempah-rempah yang cukup kuat.

Isiannya juga beragam, mulai dari sayuran, ayam, seafood, sampai mie, bihun, atau ketupat. Nah, berikut tujuh jenis laksa yang populer di Indonesia dan penjelasan ringkasnya:

  1. Laksa Banjar
    Laksa Banjar menjadi khas karena memakai ikan haruan atau ikan gabus sebagai salah satu bahan utama. Laksa ini berisi bulatan mie kukus dari tepung beras, disajikan bersama kuah kental kekuningan berbahan kaldu ikan gabus.
  2. Laksa Betawi
    Laksa asal Jakarta ini berkuah kuning dan bersantan. Tambahan ebi memberi rasa unik nan gurih, disajikan bersama bihun, perkedel, daun kemangi, dan kucai.
  3. Laksa Tangerang
    Laksa Tangerang terbuat dari kaldu ayam, kentang, kucai, dan kacang hijau. Mie-nya berupa mie buatan tangan dari tepung beras putih. Perpaduan parutan kelapa dan kacang hijau memberi rasa manis dengan kuah santan yang pas.
  4. Laksa Bogor
    Kuah laksa Bogor cenderung kental, bersantan, dengan bumbu halus bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, ketumbar, sereh, dan garam. Keunikan laksa Bogor ada pada penambahan oncom, dan sering disajikan bersama ketupat plus sambal cuka.
  5. Laksa Cibinong
    Walau dekat Bogor, laksa Cibinong malah tidak pakai oncom. Semangkuk kuah bersantan dihidangkan dengan tauge, bihun, telur rebus, suwiran ayam, bawang goreng, dan daun kemangi.
  6. Laksa Medan
    Kuah laksa Medan memakai kaldu ikan, rasanya sedikit asam, hampir serupa dengan laksa negeri jiran. Isiannya terdiri dari mie beras putih, daun mint, dan timun.
  7. Laksa Palembang
    Palembang ternyata memiliki beberapa varian laksa. Ada laksan, terdiri dari potongan pempek disiram kuah kaldu udang dan santan plus taburan bawang goreng.

Ada juga lakso yang berisi mie dari adonan tepung sagu kukus, dihidangkan bersama kuah santan kuning dan taburan bawang goreng. Lakso ini mirip burgo, adonan tepung beras dan tepung sagu yang dimasak mirip panekuk.

Kuahnya putih pucat, bersantan ditambah bumbu rempah dan daging ikan. Biasanya burgo dinikmati dengan telur rebus dan bawang goreng.

Demikian soal tujuh jenis laksa yang sudah populer di Indonesia. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment