Aneka Spot Wisata Lamin Guntur Ecolodge Biduk Biduk: Wilayah Dayak Basap dan Suku Bugis di Teluk Subang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Sejatinya Lamin Guntur Ecolodge merupakan salah satu penginapan di Teluk Subang. Meski begitu, tempat ini juga menyediakan ragam agenda dan spot wisata di Biduk Biduk.

Ya, Teluk Subang lokasi Lamin Guntur Ecolodge adalah daerah yang masih masuk dalam Kecamatan Biduk Biduk. Kawasan ini dihuni oleh Suku Dayak Basap dan Suku Bugis.

Yang jelas, keberadaan Lamin Guntur Ecolodge di Teluk Subang membuat minat wisaawan, baik lokal maupun mancanegara, menjadi semakin tinggi ke Biduk Biduk.

Melansir celebes.co, Rabu (18/10/2023), Lamin Guntur Ecolodge dengan pelayanan yang nyaman dan menawarkan berbagai layanan wisata.

Selain tempat menginap, temapt ini juga memiliki paket menyelam atau bisa juga snorkeling, memancing, bahkan menyuguhkan pula wisata hutan

Penginapan ini memang salah satu wujud dari program desa sadar wisata di Kampung Teluk. Adanya program ini mengharuskan untuk memperkaya spot-spot wisata dan tempat penginapan.

Uniknya, penginapan Lamin Guntur ini berada di kampung yang dihuni oleh dua suku, yaitu suku Dayak Basap dan juga Suku Bugis. Artinya, Anda juga dapat berbaur dengan penduduk dengan suku yang berbeda.

Ya, Lamin Guntur Ecolodge tidak hanya sebagai penginapan, namun juga menyediakan berbagai pilihan wisata yang menarik. Berbagai wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Tidak jarang pengunjung datang lebih dari sekali karena keindahan alam yang tidak pernah membosankan. Keindahan ini selalu meninggalkan kesan setiap kali berkunjung.

Yang jelas, penginapan ini menjadi satu-satunya resort yang berada di Berau dengan konsep ecolodge. Konsep ini merupakan penginapan berwawasan ekologi dan juga dengan nuansa alam yang indah.

Karena menggunakan konsep ekologi, segala fasilitas yang ada juga berasal dari limbah lingkungan sekitar. Itulah sebab penginapan ini menjadi tempat yang populer bagi para traveller bahkan dari internasional.

Penginapan ini juga dibangun seperti bale-bale sehingga tampak alami. Terdapat juga pepohonan-pepohonan kelapa di sekitar penginapan.

Berada di penginapan ini akan terasa seperti kembali ke alam. Anda dapat merasakan tidur ditemani dengan suara deburan ombak pada malam hari.

Lamin Guntur Ecolodge ini berada di pesisir pantai dengan pasir putih yang lembut. Pantainya sendiri berwarna biru, menyatu dengan langit yang cerah. Tempat ini sangat indah sehingga cocok untuk liburan keluarga.

Tidak jauh dari pantai terdapat juga Gua Kelelawar. Gua ini berupa bebatuan yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Tempat ini juga cantik untuk dijadikan latar foto.

Tidak hanya pengunjung yang datang untuk menginap, banyak juga pengunjung lokal yang datang untuk sekadar melihat sunset di Lamin Guntur. Matahari terbenam di pantai penginapan ini juga sangat indah.

Duduk di pinggir pantai sambil menikmati matahari terbenam memang nyaman dan romantis. Terkadang pengunjung juga menghabiskan waktu sambil makan di restoran sekitar penginapan.

Nah, salah satu trip yang dapat Anda lakukan jika menginap di resort ini adalah wisata air terjun. Salah satu air terjun yang benyak dikunjungi adalah Air Terjun Teluk Sumbang.

Masih berada di kawasan Kampung Teluk Sumbang, air terjun ini masih terjaga keasriannya. Airnya jernih dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dengan debit yang cukup besar.

Tidak jauh dari Air Terjun Teluk Sumbang, terdapat juga Air Terjun Bidadari. Jaraknya hanya sekitar 500 meter. Kolam di Air Terjun Bidadari lebih besar daripada Air Terjun Teluk Sumbang.

Anda dapat menceburkan diri di kolam ini. Air yang jernih sangat menyegarkan badan. Pepohonan sekitar juga membuat suasana lebih sejuk dan asri.

Lalu, bagi para penyelam, salah satu daya tarik adalah perairan di sekitar penginapan ini. Ada banyak terumbu karang cantik yang dapat Anda temukan di perairan ini.

Bahkan terdapat pula terumbu karang langka yaitu Elkhron. Terumbu karang ini merupakan salah satu dari 10 jenis terumbu karang yang saat ini sudah terancam punah.

Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi hutan yang tidak jauh dari penginapan. Anda akan kembali ke alam dengan menemukan berbagai tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan Kalimantan.

Lokasi hutan kurang lebih satu jam perjalanan darat. Merupakan salah satu trekking wisata hutan yang memang sudah disediakan oleh penginapan ini.

Jika Anda melakukan kegiatan wisata hutan ini, Anda juga berkemungkinan dapat melihat langsung bunga raflesia yang langka dan dilindungi ini.

Demikian soal Lamin Guntur Ecolodge dan beberapa spot wisata menarik di sekitarnya, tepatnya di Teluk Sumbang, Kecamatan Biduk Biduk. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment