Dua Cara Menuju Pulau Maratua Kaltim, Surga di Utara Indonesia: Berbatasan dengan Malaysia dan Filipina

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Pulau Maratua adalah salah satu wilayah paling Utara Indonesia yang berada di Kalimantan Timur (Kaltim). Surga ini berbatasan langsung dengan Filipina Selatan dan Sabah di Malaysia Timur.

Sebagai salah satu wilayah terluar dari Kaltim, Indonesia, tentu butuh 'perjuangan' untuk mencapai Pulau Maratua. Dan cara itu hanya bisa ditempuh melalui tranportasi udara dan laut.

Yang jelas, destinasi andalan Kaltim sekaligus Indonesia ini, memang indah serta menawan. Itulah sebab, meski butuh 'perjuangan' tetap saja Pulau Maratua jadi incaran wisatawan.

Ya, seperti melansir kaltimprov.go.id, Minggu (15/10/2023), sudah sejak lama Pulau Maratua dikenal sebagai tempat wisata bahari yang menampilkan keindahan pantai, aneka biota laut, hutan mangrove, dan sebagainya.

Pulau ini daratannya seluas 384,36 km persegi dan lautnya 3.735,18 km persegi. Sejak ratusan tahun silam, dihuni penduduk suku laut Bajau ditambah pendatang dari berbagai tempat dari dalam dan luar Kaltim.

Penduduk Pulau Maratua umumnya sebagai nelayan dan sejak ramai dikunjungi wisatawan, maka ada pula warga yang tertarik berusaha di sektor pariwisata.

Pulau Maratua ini terletak di wilayah Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Kaltim. Pulau ini tepatnya berada di sebelah selatan Pulau Tarakan dan berada di wilayah lautan Sulawesi.

Nah, bagaimana cara untuk mencapai Pulau Maratua? Berikut ada dua jalur yang bisa ditempuh, berikut daftarnya:

  1. Jalur Laut
    Anda dapat memulai perjalanan dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Setelah itu Anda dapat naik pesawat dengan tujuan Bandara Tanjung Redeb yang berada di Kabupaten Berau, Kaltim. Sesampai di Tanjung Redeb, pengunjung dapat menyebrang ke Pulau Maratua menggunakan speed boat.

Perjalanan dari Tanjung Redeb ke lokasi pulau membutuhkan waktu yang lumayan lama, yaitu sekitar tiga jam. Itupun dengan kecepatan sedang. Anda bisa sambil menikmati birunya laut.

Ya, sejak beberapa tahun lalu juga sudah dibangun jalan darat Tanjung Redeb-Tanjung Batu, serta berdirinya Pelabuhan Air khusus Wisata di Tanjung Redeb. Dari sini, jarak tempuh menggunakan speedboat ke Maratua sekitar tiga jam.

  1. Jalur Udara
    Sekitar 2015, pemerintah Kalti membangun bandara untuk mempermudah akses menuju surga tersembunyi ini. Anda bisa memulai perjalanan udara dari Kota Tarakan.

Anda bisa langsung memesan tiket penerbangan di Kota Tarakan menuju Bandara Pulau Maratua. Lebih cepat dari jalur laut, perjalanan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan pesawat perintis jenis cessna.

Bandara Maratua pun sudah bisa didarati pesawat jenis ATR-72 dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan maupun Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda menggunakan jasa penerbangan Susi Air tipe Cessna dengan kapasitas 12 seat.

Sebagai informasi di Tanjung Redep, ibukota Kabupaten Berau juga ada bandar udara, yakni Bandara Kalimarau. Bandara ini memiliki runway sepanjang 1.600 m x 30 m dengan kapasitas terminal 36.000 penumpang per tahun.

Demikian soal cara menuju Pulau Maratua, surga yang berada di Kaltim, destinasi wisata andalan Indonesia. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment