Taman Siring, Kawasan Wisata di Pusat Kota Banjarmasin: Ini Lima Kelebihannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Banjarmasin dikenal dengan Kota Seribu Sungai. Karena itu, ragam aktivitas cenderung berhubungan dengan sungai, termasuk aktivitas wisata dengan adanya kawasan yang bernama Taman Siring.

Taman Siring adalah sebuah kawasan wisata yang berada di tengah Kota Banjarmasin. Di wilayah ini ada berbagai destinasi yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, baik dalam maupun luar daerah.

Destinasi di Taman Siring yang terkenal sebut saja Patung Bekantan, Menara Pandang, dan sebagainya. Selain itu, aktivitas sepeti pasar terapung juga ada di kawasan wisata di Banjarmasin ini.

Nah, berikut lima kelebihan yang ada di Taman Siring Banjarmasin seperti dilansir indonesia.travel, Sabtu (7/10/2023):

1. Patung Bekantan

Bekantan banyak dijumpai di Pulau Kalimantan, sehingga tidak heran hewan ini menjadi salah satu ikon Kota Banjarmasin. Saking melekatnya ikon tersebut, ada ungkapan, “Belum ke Banjarmasin jika belum berfoto di depan Patung Bekantan.”

Patung yang terletak di Jalan Tendean ini terbuat dari perunggu kosong dengan tinggi sekitar 6,5 meter dan berat 7 ton, berdiri di atas pondasi yang menghadap ke arah Sungai Martapura. Mulut maskot Bekantan pun mengeluarkan air mancur sehingga disebut mirip dengan Patung Merlion di Singapura.

2. Klenteng Soetji Nurani

Jika berkunjung ke Banjarmasin, Anda akan menjumpai beragam bangunan tua yang masih terawat hingga kini. Sebut saja rumah, museum, hingga rumah ibadah seperti klenteng, masjid, pura, dan gereja. Salah satunya adalah Klenteng Soetji Nurani atau Sen Sen Kung yang letaknya tak jauh dari Patung Bekantan.

Rumah ibadah ini dibangun pada tahun 1889 dan masih terawat sangat baik hingga kini. Konon, Klenteng Soetji Nurani dibangun oleh Jenderal China yang bernama The Sin Yoe dan Ang Lin Thay saat berdagang melalui jalur laut ke Indonesia.

3. Menara Pandang

Menara Pandang yang baru diresmikan pada 2014 lalu menjadi salah satu objek wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan. Bangunan yang terletak di pinggir Sungai Martapura ini mempunyai 4 lantai, lengkap dengan dua menara di sebelah kanan dan kiri.

Anda dapat menikmati pemandangan menakjubkan sekeliling Kota Banjarmasin, hamparan Sungai Martapura, dan kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin dari lantai atas Menara Pandang. Pada malam hari, Anda dapat menikmati udara sejuk dan kerlap kerlip lampu yang membentang luas.

4. Pasar Terapung Menara Pandang

Setelah menikmati pemandangan Kota Banjarmasin dari lantai atas Menara Pandang, Anda juga bisa mengunjungi Pasar Terapung Menara Pandang yang jaraknya relatif dekat, yakni sekitar 300 meter dari Menara Pandang.

Di Pasar Terapung Menara Pandang, Anda bisa melihat para acil jukung (penjual di atas perahu) menjajakan barang dagangannya, mulai dari berbagai macam kuliner khas Banjarmasin seperti lapat, soto, laksa, puracit, sayur mayur, buah-buahan, hingga hasil kerajinan tangan.

5. Jogging Track

Bagi Anda yang gemar berolahraga, kawasan wisata Taman Siring adalah tempat yang tepat untuk jogging di pagi atau sore hari. Selain menyehatkan, jogging di tempat ini juga bisa membuat hati gembira karena pemandangan Sungai Martapura yang indah dan rimbunnya pepohonan di sepanjang jogging track.

Demikian soal kelebihan yang ada di Taman Siring, kawasan wisata yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina)***

Leave a comment