Jangan Panik! Begini 2 Cara Cek Belanjaan Ketika TikTok Shop Sudah Dihapus di Indonesia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sejak per Rabu, (4/10) kemarin, layanan jual beli pada TikTok telah ditiadakan. Namun, masih terdapat 2 cara cek belanjaan ketika layanan TikTok Shop dihapus di Indonesia.

Bagi kamu yang sudah terlanjur bertransaksi di TikTok. Kamu bisa memantau status barang yang dipesan, dengan mengikuti 2 cara cek belanjaan di TikTok Shop, meski fitur ini sudah dihapus di Indonesia.

Dengan memahami tutorial 2 cara cek TikTok Shop ketika layanan tersebut sudah resmi dihapus, kamu tetap bisa melihat status transaksi agar tidak timbul rasa panik.

Sudah tersiar dimana-mana. Bahwa semenjak pukul 17.00 WIB pada Rabu sore kemarin, layanan belanja pada aplikasi video singkat ini sudah dihapus.

Kebijakan ini juga telah disebarkan melalui email kepada para seller yang memakai jasanya. Dengan demikian, fitur tersebut sudah mati total di kawasan Indonesia.

“Kami tidak akan lagi memfasilitasi layanan transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB,” kata TikTok Indonesia melalui e-mail yang telah disebarkan.

Keputusan ini merupakan bukti kepatuhan TikTok, terhadap aturan Pemerintah Menteri Perdagangan (Permendag) No 31 Tahun 2023.

Kendati layanan tersebut sudah dihapus. Pihak TikTok berkomitmen untuk terus mendampingi pengguna pada seluruh transaksi yang sudah, atau masih berlangsung.

“Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, serta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi penjual TikTok Shop Indonesia untuk melalui masa sulit ini,” pungkas pihak TikTok Indonesia, dalam e-mail.

Di aspek lain, sebagian pengguna aplikasi masih mendapati layanan Shop ini tetap muncul dalam platform. Namun, ketika dipencet akan muncul tulisan 'Something went wrong, tap try again'.

Bagi pengguna yang lain, khususnya aplikasi tersebut sudah diperbarui, layanan tersebut sudah hilang.

Banyak pula dari pengguna yang merasa kebingungan akibat imbas keputusan ini. Mereka merasa kesulitan untuk memantau transaksi yang sudah dan masih berlangsung.

Untuk menjawab hal itu, berikut pemaparan 2 cara cek belanjaan meski layanan TikTok Shop sudah dihapus:

  1. Cek Belanjaan di Aplikasi Fitur TikTok Shop yang Masih Muncul.

Bila aplikasi TikTok Shop pengguna masih muncul, berikut ini panduan untuk melihat hasil transaksi:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Klik menu 'Shop'.
  • Tap ikon garis tiga untuk akses ke menu selanjutnya.
  • Pilih opsi 'Orders'.
  • Status belanjaan yang sedang berlangsung akan muncul dengan sendirinya.
  • 2. Cek Belanjaan di Aplikasi yang Tidak Ada Fitur TikTok Shop.

Seperti yang sempat disinggung diawal, pada sebagian pengguna layanan TikTok Shop ini sudah hilang.

Bila demikian, kamu jangan panik. Pasalnya status pesanan masih bisa diketahui. Berikut penjabarannya:

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Klik opsi 'Profile' pengguna.
  • Tap ikon garis tiga untuk pergi ke menu selanjutnya.
  • Akses layanan 'Settings and Privacy'.
  • Klik opsi 'Your Orders'.
  • Tap tulisan 'Orders'.
  • Seluruh belanjaan dan pesanan yang sudah atau masih berlangsung akan muncul beserta kelengkapan statusnya.

Demikianlah 2 cara cek belanjaan di aplikasi TikTok meski fitur TikTok Shop sudah dihapus. Semoga menjawab kebingunganmu. (Dzikrullah) ***

Leave a comment