Jalan ke Pantai Takisung, Destinasi Wisata Andalan Tanah Laut: Awas Salah Tikungan!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Pantai Takisung Tanah Laut merupakan destinasi wisata yang tak asing bagi masyarakat di Kalimantan Selatan, khususnya di daerah Pelaihari, Banjarmasin, dan Banjarbaru.

Pantai Takisung ini termasuk destinasi wisata yang populer, bahkan tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung, terutama ketika memasuki musim liburan di Tanah Laut.

Destinasi wisata di Tanah Laut ini mempunyai keunggulan tersendiri. Ya, Pantai Takisung memiliki keindahan alam berupa pantai yang landai serta pasir yang berwarna putih kecokelatan.

Melansir itrip.id, Selasa (3/10/2023), pantai ini juga memanjakan wisatawan yang membawa beberapa buah tangan. Nah, wisatawan dapat mengelilingi pedagang yang tersebar di sekitar pantai.

Para pedagang di tempat wisata ini banyak menjajakan hiasan kerang, udang, ikan asin, bahkan hingga terumbu karang yang diambil langsung dari para nelayan.

Lalu, bagaimana cara menuju destinasi wisata Pantai Takisung ini?

Nah, sebagai informasi, Pantai Takisung terletak di Kabupaten Tanah Laut, salah satu daerah di Kalimantan Selatan. Jika dari Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Luat, jaraknya kurang lebih 22 kilometer

Dan, apabila dari Banjarmasin, ibukota Kalimantan Selatan, jaraknya kurang lebih 90 kilometer. Karena jaraknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Banjarmasin, tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan banyak wisatawan.

Jadi, sesampainya di Kota Pelaihari, tepatnya di Bundaran Kijang, Anda cukup lurus terus saja. Kemudian nanti akan menemukan tikungan yang setiap tikungan akan menuju ke pantai yang berbeda.

Jangan takut salah pilih, pasalnya tikungan yang ada memiliki keterangan nama pantai masing-masing. Ada papan penunjuk yang menunjukkan arah yaitu Pantai Swarangan, Pantai Batakan, dan Pantai Takisung.

Tentu selanjutnya Anda mengikuti jalan yang menuju ke arah Pantai Takisung. Dari tikungan ini Anda cukup lurus terus sampai kurang lebih selama 40 menit. Setelah itu, sampai. Gampang kan?

Jadi, apabila dihitung jaraknya, Pantai Takisung ini memang paling dekat Kota Pelaihari. Dan, rute jalan menuju pantai memang sudah beraspal dan lebar, sehingga perjalanan menuju ke tempat ini terasa menyenangkan dan cukup nyaman.

Wilayah Pantai Takisung ini memiliki luas berkisar 0,65 hektare dan batas panjang mencapai 85 meter, serta lebar sejauh 80 meter yang terhitung dari pinggir pantai.

Yang jelas, Pantai Takisung menawarkan pemandangan eksotis yang begitu elok dipandang. Luasnya hamparan pasir pantai serta deretan pepohonan kelapa yang tinggi menjulang menjadi daya tarik tempat ini.

Ombak yang terdapat di Pantai Takisung ini tidak seperti besarnya ombak di daerah pantai selatan Pulau Jawa sehingga aman kegiatan wisata maupun pemukiman. Pantai Takisung termasuk dalam jenis pantai yang berpasir.

Demikian informasi soal jalan atau rute menuju Pantai Takisung, Tanah Laut. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment