Misteri Nama Pulau Samber Gelap Kotabaru, Tentang Kapal Tangker dan Sinar Mercusuar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kadang, sebuah misteri bisa membangkitkan minat pelancong terhadap sebuah tempat wisata. Contohnya Pulau Samber Gelap, Kotabaru, yang terkait dengan sebuah kapal tangker dan mercusuar.
 
Hubungan kapal tangker dan mercusuar dengan destinasi wisata di Kotabaru ini terkait dengan misteri nama. Ya, nama Pulau Samber Gelap kabarnya terkait dengan dua hal tersebut.
 
Meski belum didapat kepastian soal misteri kapal tangker dan mercusuar, nama Pulau Samber Gelap semakin banyak dibicarakan. Tentunya selain karena destinasi wisata Kotabaru ini memang indah.
 
Melansir ruangwisata.com dan bappeda.kotabarukab.go.id, Selasa (26/9/2023), sebelumnya pulau ini bernama Samargalang, namun berubah menjadi Samber gelap karena pulau ini pernah ditabrak kapal tangker.
 
Kasus tabrakan itu terjadi karena tidak ada penerangan di sekitar pulau. Sehingga namanya pun berubah menjadi Samber gelap yang berarti pulau yang ditabrak kapal karena keadaan gelap.
 
Namun sumber lain mengatakan bahwa penamaan Pulau Samber Gelap ini terkait dengan mercusuar. Maksudnya ketika sinar dari mercusuar mengarah ke tempat lain, pulau ini akan menghilang.
 
Tentu kejadian ini saat malam hingga pulau seperti hilang. Itulah sebabnya diberi nama Pulau Samber Gelap. Yang jelas, hingga kini belum ada kepastian soal nama tersebut. Misteri ini pun jadi daya tarik tersendiri.
 
Begitulah, meskipun Pulau Samber Gelap ini kecil dan kurang dikenal, keindahannya mampu menghipnotis siapa pun yang melihatnya. Keindahan alamnya yang memukau dan misteri di balik namanya telah berhasil memikat banyak pengunjung.
 
Secara administrasi Pulau Samber Gelap terletak di Sarakaman, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Untuk mencapai pulau ini, Anda dapat menggunakan transportasi speedboat atau menyewa kapal nelayan.
 
Perjalanan dari Pelabuhan Panjang Kotabaru memakan waktu sekitar dua jam. Meskipun perjalanan panjang dan melelahkan, semua itu akan terbayar ketika Anda akhirnya tiba di Pulau Samber Gelap.
 
Yang jelas, salah satu daya tarik Pulau Samber Gelap adalah mercusuar yang berdiri gagah, memberikan pemandangan yang memukau dari ketinggian. Sebuah bangunan yang paling menonjol hingga disebut berkaitan dengan nama.
 
Pun, pengunjung yang beruntung akan menyaksikan penyu-penyu bertelur di malam hari, mengingat pulau ini merupakan tempat penangkaran mereka.
 
Pulau Samber Gelap juga menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menyelam dan mengeksplorasi kehidupan laut dengan snorkeling.
 
Anda akan terpesona oleh keanekaragaman terumbu karang dan ikan-ikan yang berlarian riang di sekitarnya. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, periaan di sekitar Pulau Samber Gelap ini adalah surga yang menawarkan ikan-ikan berlimpah.
 
Demikian soal wisata Pulau Samber Gelap di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sebuah destinasi yang asal namanya masih jadi misteri. Semoga bermanfaat. (Adelina).***

Leave a comment