Kamu Perlu Tahu! Begini Cara Membuat Saluran WhatsApp dan Langkah Mencari Channel

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Karena mendapat pembaruan, berikut cara membuat Saluran WhatsApp yang dilengkapi dengan pembahasan mencari Channel yang pas buat kamu.

Mengenai pembahasan cara membuat Saluran WhatsApp hanya orang tertentu yang bisa melakukannya. Sedangkan bila hendak mencari suatu kanal, pengguna umum dapat dengan mudah mempraktekkannya.

Perihal masalah cara membuat Saluran WhatsApp, langkahnya sangat mudah dilakukan. Begitupun dengan langkah mencari Channel yang dirasa pas bagi perorangan pengguna.

Saluran atau Channel pada WhatsApp, sebenarnya hampir sama dengan fitur Komunitas. Namun, perbedaan keduanya dapat diketahui berdasarkan cara kerja penyampaian informasi saja.

Sebagai contoh mendasar, Komunitas mengandalkan pertukaran informasi dari kedua belah pihak yang tergabung. Sehingga, interaksi antar anggota dapat terlaksana dengan mudah.

Berbeda dengan Saluran, fitur kanal yang baru diluncurkan hanya berbasis satu arah saja. Maksudnya, orang yang mengikuti sebuah Channel dibatasi memberikan ekspresi dengan membalas melalui emoji saja.

Secara singkat, fitur Saluran pada WhatsApp berperan penting dalam menyebarkan sebuah informasi ke khalayak umum lebih luas. Tidak ada batas anggota yang disyaratkan pada fitur satu ini.

Sebagai catatan penting lainnya, fitur Channel ini tidak bisa dibuat oleh sembarang orang. Terkecuali, bagi sekelompok individu yang telah bekerja sama dengan perusahaan induk WhatsApp, Meta.

Di Indonesia sendiri, hanya organisasi tertentu yang dapat membuat Saluran. Umumnya, sebuah akun yang telah mendapat verifikasi berupa tanda centang hijau.

Bagi organisasi Anda yang telah mendapat verifikasi tersebut, berikut panduan lengkap cara membuat Saluran WhatsApp.

Cara Membuat Saluran WhatsApp.

  1. Pastikan aplikasi WhatSapp telah diperbarui ke versi yang terkini.
  2. Buka aplikasi WhatsApp.
  3. Pilih tab "Updates/Pembaruan' yang terletak di tengah-tengah tab panggilan dan obrolan.
  4. Klik ikon 'Plus/Tambah' (+) pada bagian bawah.
  5. Pengguna akan disuguhkan beberapa ketentuan penting. Setelah selesai membaca, klik 'Lanjutkan'.
  6. Buat nama Saluran yang diinginkan.
  7. Tambahkan deskripsi Saluran sebagai gambaran umum.
  8. Klik 'Buat Saluran'.
  9. Saluran yang selesai dibuat sudah siap meluncur.

Sebagai catatan penting, saluran yang telah dibuat menjamin privasi pengguna. Nomor telepon dari WhatsApp yang aktif tidak akan terbaca oleh para followers.

Cara Mencari Saluran WhatsApp.

Sedangkan bagi kamu yang tidak bisa membuat Channel, jangan perlu khawatir. Pengguna dapat mengikuti Saluran yang berkesinambungan dengan hal yang difavoritkan, agar tetap mendapat update berita terbaru.

Berikut ini cara mencari sebuah Saluran di aplikasi WhatsApp:

  1. Install aplikasi WhatsApp terbaru di Play Store atau Apps Store.
  2. Buka aplikasi WhatsApp.
  3. Pilih tab 'Updates/Pembaruan'.
  4. Geser ke bawah, kemudian klik opsi 'Cari Saluran'.
  5. Ketik sebuah nama Saluran yang diinginkan.
  6. Setelah muncul, klik ikon 'Plus/Tambah' (+) untuk mengikuti saluran tersebut.

Demikianlah pembahasan terkait cara membuat Saluran WhatsApp dan langkah mencari sebuah Channel. Semoga artikel ini dapat membantumu! (Dzikrullah) ***

Leave a comment