Upayakan Keselamatan Kerja, Perusahaan Sawit PT. BIA Putussibau Tingkatkan Program SMK3

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PT Borneo Internasional Anugerah (PT.BIA) upayakan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam menjaga keselamatan kerja pekerja.

PT. BIA sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, dengan site lokasi berada di Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Sebagaimana diketahui, pekerja di perkebunan kelapa sawit sangat rentan mengalami kecelakaan kerja.

Oleh sebab itu, adanya SMK3 perlu di terapkan perusahaan.

Sebagaimana artinya SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif.

"Selama ini SMK3 kita belum sepenuhnya terpenuhi, tapi untuk arah kesana tetap," kata Fernando, Human Resource Development (HRD) PT. BIA.

Ia menjelaskan, bahwa untuk Alat Pelindung Diri (APD) sudah mulai diberikan kepada pekerja.

"Kita bekali pekerja dengan atribut lengkap APD, sarung tangan, helm dan sepatu," sambungnya.

Selain itu, PT. BIA juga gencar mengadakan sosialisasi tentang K3 yang dilakukan setiap pagi sebelum mulai bekerja.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi rutin, Nando mengungkapan bahwa hal tersebut akan meminimalisir tingkat resiko kecelakaan kerja di kebun.

"Update dari tim kita di site untuk kecelakaan kerja menurun," ujar Nando.

Ia mengatakan, untuk kecelakaan kerja pada tahun 2023 terdapat 10 kejadian, di mana sebelumnya rutin terjadi hingga belasan kejadian.

Sementara itu, bimbingan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalbar juga menjadi salah satu faktor dapat berjalannya program SMK3.

"Peran Disnakertrans Kalbar sangat membantu, apalagi untuk awam sehingga mudah untuk mensosialisasikan K3," pungkas Nando. (Greg)***

Leave a comment