Gelar Pembinaan K3 untuk Perusahaan, Disnakertrans Kalbar: Budaya K3, Budaya Kita

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan pembinaan norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 di Orchadz Hotel Pontianak, Selasa (19/9/2023).

Dalam kesempatan ini Disnakertrans Kalbar mengundang 70 perusahaan yang ada di Kalbar untuk berpartisipasi dalam pembinaan norma K3.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mengajak perusahaan di Kalbar mewujudkan nihilnya kecelakaan kerja pada lingkungan kerja, dengan istilah K3 Oke Zerro Accident.

Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini Disnakertrans Kalbar akan membantu kesadaran dan kepatuhan K3, membantu penerapan K3, membantu mewujudkan Sumber Daya Manusia atau SDM K3 yang unggul dan memiliki daya saing tinggi.

Disamping itu, Disnakertrans juga memberikan penghargaan dan sertifikat dari Kementerian Tenaga Kerja kepada beberapa perusahaan yang telah berhasil mendapatkan Zero Accident, P2-Covid 19, HIV-AIDS dan Komitmen bebas pekerja anak.

"Dengan budaya K3 kita harapkan suasana yang nyaman dan aman di tempat kerja," Kata Muhaimenon, Sekretaris Disnakertrans Kalbar saat sambutan.

Ia mengungkapkan, K3 ini merupakan upaya kerjasama antara pekerja dan pengusaha dalam upaya menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.

"Kita berharap disini mereka terhindar dan terbebas dari potensi kecelakaan kerja ataupun penyakit akibat kerja," ujar Muhaimenon.

Dengan digelarnya pembinaan norma K3, Muhaimenon mengajak perusahaan dalam mendorong kesadaran dan pengertian untuk selalu menjalankan program-program K3.

"Kita berharap agar kontribusi positif dari perusahaan untuk bisa kerja untuk menggunakan APD, melakukan Medical Chek Up dan lain-lain," sambungnya.

Disamping itu, Muhaimenon juga berharap perusahaan sebagai stakeholder utama ketenagakerjaan dapat menjadi gagas terdepan dalam pelaksanaan K3, sehingga Zerro Accident dapat tercapai. (Greg)***


Penulis : admin
Editor :
Tags :

Leave a comment