WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Channel Secara Global, Ketahui 3 Fungsi Utamanya!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pertengahan bulan September 2023 ini, WhatsApp luncurkan fitur Channel yang memiliki 3 fungsi utama bila aktif menggunakannya setiap hari.

Dalam peluncuran tersebut, pihak WhatsApp menjelaskan langsung terkait 3 fungsi dari fitur Channel yang dibicarakan netizen. Mereka pun cukup antusias membicarakannya di berbagai media sosial.

Demi memberikan kepuasan penggunanya. Dalam sekali peluncuran, secara gamblang pihak WhatsApp juga membeberkan 3 fungsi utama dan benefit dari mengoperasikannya saat bermain medsos.

Pada Rabu kemarin, (13/9), perusahaan WhatsApp mengumumkannya secara daring. Sebagian warganet yang mengikuti informasi terkini tentangnya ada pula yang merasa bingung membedakannya dengan fitur Grup.

Sebab, bila diperhatikan secara sekilas. Fitur Channel yang tergolong baru ini sedikit mirip dengan fitur Grup yang telah ada. Ada pula yang beranggapan bahwa sebenarnya memang kembar persis.

Namun, opini yang beredar di media sosial tersebut tidaklah benar. Channel yang baru diluncurkan oleh WA ini memiliki fungsi tersendiri, sehingga sasarannya cukup berbeda jauh.

Adapun Channel yang dimaksud adalah sebuah sistem yang mengumpulkan dan menyebarkan informasi dalam satu saluran. Cara kerjanya mirip dengan kanal yang ada pada Telegram.

Public Policy Manager WhatsApp Indonesia, Eshter Sambo menjelaskan pengguna dapat mengikuti suatu kanal dengan cara mengklik ikon 'Follow'.

“Pengguna dapat memilih ingin mengikuti informasi yang mana. Jenis informasi yang ditawarkan adalah informasi terkini (breaking news), aman, dan terukur,” kata Eshter.

Dari pemaparan di atas,sedikit terkuat perbedaannya dengan fitur Grup. Untuk jenis fitur yang kedua ini, pengguna tidak dapat mengikutinya hanya dengan memencet tombol 'Follow' saja.

Untuk mengetahui benefitnya secara detail, simak ulasan 3 fungsi utama dari Fitur Channel WhatsApp di bawah ini:

  1. Tukar Informasi.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, Channel pada aplikasi berlogo gagang telepon ini memiliki tujuan utama menyebarkan sebuah informasi.

Dalam hal itu, pengguna dapat mengikuti kabar terkini seperti breaking news secara update dari kanal tertentu.Uniknya, bagi pengguna baru dapat melihat konten 30 hari sebelumnya selama baru bergabung.

Fitur tersebut dikenal dengan 'Preview'. Tujuannya, agar calon anggota baru dapat menerima gambaran jelas dari suatu kanal yang hendak diikuti.

  1. Interaksi Anonim.

Selanjutnya terdapat kelebihan berinteraksi anonim dalam sebuah kanal. Karena sistem ini menggunakan saluran satu arah, yang memungkinkan tidak tercampur dengan informasi lain.

Bahkan, pengguna yang ada di dalamnya dapat memberikan reaksi dengan emoji.

Bila interaksi anonim ini cukup membuat Anda khawatir, WhatsApp sendiri menjamin tentang privasi dari segala arah.

Jadi, anggota lain yang berada di channel sama tidak akan mengetahui nomor telepon Anda, ataupun informasi yang detail terkait akun yang digunakan.

"WhatsApp yang berfokus pada privasi sangat memikirkan apa yang dilihat di Saluran. Nomor telepon akan disembunyikan, peserta dan admin tidak dapat melihat nomor telepon sehingga pesan personal tidak akan terjadi," jelas Esther.

  1. Update Berita Terkini.

Terakhir, fungsi utama ini sangat menguntungkan bagi pemilik media. Dengan membuat Channel tersendiri, mereka dapat menyebarkan isu terpanas yang sedang berlangsung bagi pembaca setia.

Terlebih lagi, kategori Breaking News yang membutuhkan update super cepat dan simpel sangat cocok disebarkan melalui kanaal tersendiri.

Walaupun fitur tersebut sudah resmi meluncur di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Untuk sementara waktu, tidak semua orang yang bisa membuat kanal dalam beberapa saat mendatang.

Ehter menjelaskan, mereka secara individu dan organisasi yang bermitra dengan Meta dapat menggunakannya untuk sekarang. Terlebih lagi, calon penggunanya harus memperbarui WhatsApp ke versi yang terbaru.

Demikianlah penjelasan tentang fitur Channel pada WhatsApp dan 3 fungsi utamanya. Bagi yang ingin mencobanya, harap bersabar dulu ya! (Dzikrullah) ***

Leave a comment