Manfaat Talas Bagi Tubuh, Bisa Penuhi Kebutuhan Seng alias Zinc: Kurangi Risiko Penyakit

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Seperti umbi-umbi lainnya, talas juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Salah satunya dapat membantu memenuhi kebutuhan seng atau zinc.

Ketika tubuh kekurangan zinc, maka bisa menimbulkan sekian penyakit. Itulah sebab, kandungan seng harus terus terjaga dan talas bisa jadi solusi.

Pasalnya, dalam setiap 100 gram talas terkandung 0,7 mg seng atau zinc. Sementara tubuh pria membutuhan zinc 11 mg per hari dan wanita 8 mg per hari.

Melansir hellosehat.com, Selasa (5/9/2023), talas (Colocasia esculenta) adalah jenis umbi akar yang berasal dari Asia Tenggara dan India, tetapi kini sudah dapat dinikmati di seluruh dunia.

Umbi ini memiliki warna yang beragam tergantung tempat tumbuhnya, seperti ungu, merah, hingga putih. Dan, talas dikenal sebagai sumber energi karena banyaknya gizi yang dikandungnya.

Kandungan yang ada pada talas sebut saja energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan besi. Terdapat juga natrium, kalium, tembaga, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin, vitamin C, dan tentu saja seng.

Khusus untuk seng atau zinc, walaupun tubuh tidak banyak membutuhkan asupan seng (zinc), hampir 100 enzim dalam tubuh memerlukan mineral yang satu ini.

Nah, untungnya, kandungan seng pada talas bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Selain itu, konsumsi talas mungkin dapat menurunkan risiko kekurangan seng. Kekurangan seng adalah kondisi yang cukup langka, tetapi bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Ya, seng atau zinc memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Sejumlah manfaat mineral zinc, termasuk memelihara sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, dan mendukung pertumbuhan.

Mineral ini juga termasuk zat mineral mikro, sama halnya seperti zat besi atau selenium. Ini berarti tubuh hanya membutuhkan zinc dalam jumlah kecil untuk memperoleh manfaatnya.

Meski begitu, seseorang mungkin bisa mengalami kekurangan zinc. Kondisi ini dapat terjadi saat tubuh tidak mendapatkan asupan mineral zinc yang memadai.

Beberapa penyakit yang bisa muncul karena kekurangan seng atau zinc adalah:

  1. Rambut rontok
  2. Diare
  3. Impotensi
  4. Hipogonadisme
  5. Lesi pada mata dan kulit
  6. Penyembuhan luka terhambat
  7. Berat badan turun

Meski begitu, Anda juga tetap perlu berhati-hati ketika mengonsumsi talas. Pasalnya, terlalu banyak mendapat asupan seng juga tidak baik untuk tubuh, sehingga perhatikan kebutuhan seng yang diperlukan sesuai kondisi Anda.

Nah, lalu bagaimana mememaksimalkan khasiat dari umbi-umbian ini? Berikut tips mengolah talas agar memperoleh gizi yang seimbang:

  1. Membuat teh susu dengan talas boba
  2. Keripik talas yang gurih
  3. Menambahkan talas ke dalam sup atau semur
  4. Nikmati talas sebagai pengganti sandwich

Demikian soal talas. Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan ahli gizi (nutritionist) untuk memahami solusi yang tepat. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment