Cukup dengan Memotret, 5 Aplikasi Penjawab Soal Matematika Ini Bakal Berikan Penyelesaian

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Terdapat 5 aplikasi penjawab soal Matematika yang bisa digunakan untuk mencari solusi dengan mudah. Semuanya bisa digunakan pada jenis ragam ponsel.

Penggunaan 5 aplikasi penjawab soal Matematika ini bisa digunakan dengan mudah. Sebab, platform tersebut berlandaskan dengan cara kerja kamera pada sebuah smartphone.

Setelah 5 aplikasi penjawab soal Matematika memotret permasalahan, platform tersebut lantas memprosesnya. Barulah jawaban yang dicari bisa didapati lengkap dengan langkah penyelesaiannya.

Berkat kemampuan tersebut, pengguna tidak perlu repot-repot mengetik ulang soal dengan formula yang terlihat ruwet. Anda bisa melakukannya hanya dengan cara menyorot kamera saja untuk scanning.

Meski sudah terlihat mudah, penggunaan aplikasi penjawab soal Matematika hendaknya digunakan dengan benar. Maksudnya, jangan pernah mengoperasikannya bila hendak berbuat curang saat ujian.

Selain itu, bila tertarik menggunakan aplikasi tersebut. Seyogyanya pengguna mengerti rumus dasar soal Matematika, oleh sebab itu ketika mendapat jawaban pengguna tidak merasa kebingungan.

Terkait 5 aplikasi penjawab soal Matematika tersebut, berikut daftar nama-namanya:

  1. Wolfram Alpha.

Untuk aplikasi pertama, pengguna bisa mengandalkan platform penjawab soal Matematika bernama Wolfram Alpha.

Dengan memotret soal yang ada pada lembar latihan, aplikasi akan menscan secara otomatis. Beberapa detik kemudian, rincian jawaban bisa diketahui tanpa perlu repot lagi.

Wolfram Alpha juga memberikan informasi lanjutan terkait langkah-langkah penyelesaian dengan lengkap. Bila cara pertama dikurang puas, pengguna bisa mencari kembali dengan opsi lainnya.

  1. Microsoft Math Solver.

Microsoft Math Solver merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan induk Microsoft. Namun, platform ini dikhususkan bagi pengguna yang hendak belajar Matematika.

Aplikasi ini dapat merekam data soal dengan kamera. Adapun jenis soa yang bisa diselesaikan olehnya antara lain Aljabar, perhitungan, akar, dan banyak lagi lainnya.

Microsoft Math Solver juga dapat memberikan penyelesaian yang mendetail. Sehingga, pengguna dapat mempelajarinya kembali setelah mengetahui isi jawaban.

  1. Photo Math.

Selanjutnya ada Photo Math yang dapat memberikan solusi ketika menghadapi soal yang dirasa sulit. Aplikasi ini dapat memproses soal dengan cukup cepat dibandingkan yang lain.

Sebagai aplikasi yang dikhususkan untuk mengetahui jawaban dengan benar, Photo Math dilengkapi dengan rincian soal yang sangat mendetail dan lengkap dalam setiap penyelesaian.

  1. Algebrator.

Seperti namanya, pengguna bisa menebak soal Matematika apa yang paling handal diselesaikan oleh Algebrator. Benar sekali, pasi dugaan kita akan mengarah ke Aljabar.

Namun, Algebrator tidak hanya memfokuskan pada bidang Aljabar saja. Soal lain yang mengandung pertanyaan grafik, eksponen, persamaan, dan lainnya juga mampu diselesaikan dengan mudah.

  1. Socratic.

Aplikasi terakhir yang juga cocok untuk menemani belajar Matematika adalah Socratic. Sebagai informasi tambahan, platform ini dikembangkan langsung oleh perusahaan Google.

Socratic nyatanya tidak memfokuskan diri pada masalah Matematika. Kelebihan lainnya, yakni pengguna dapat mengajukan pertanyaan terkait pelajaran umum lainnya.

Itulah nama-nama aplikasi untuk menemani belajar Matematika. Perlu diketahui juga, platform tersebut pada umumnya sangat handal untuk menyelesaikan soal dalam bentuk formula saja.

Dengan kata lain, bila sebuah soal yang hendak dipotret dalam bentuk narasi, aplikasi diatas memiliki keterbatasan untuk memberikan jawaban.

Demikian ulasan 5 aplikasi penjawab soal Matematika yang bisa didownload di Play Store dan Apps Store. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment