3 Trik Agar Sinyal WiFi Semakin Kuat: Dijamin Streaming Lebih Lancar Tanpa Kendala

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Untuk menambah sinyal WiFi semakin lancar, cobalah ikuti 3 trik agar sinyal WiFi semakin kuat yang akan dibagikan oleh tim Insidepontianak berikut ini.

Sebenarnya, 3 trik agar sinyal WiFi semakin kuat ini merupakan cara alternatif yang bisa diikuti oleh seluruh pengguna jaringan. Oleh sebab itu, karena sifatnya umum bisa dipastikan cocok pada jenis WiFi apapun.

Perlu diingat juga, kumpulan 3 trik agar sinyal WiFi semakin kuat ini menggunakan cara yang legal. Dengan begitu, tips yang akan dibagikan tidak akan melanggar hukum ataupun bersifat kriminal.

Sinyal pada WiFi memang menjadi pilihan utama, bila pengguna internet hendak mengirit paket data seluler. Hampir seluruh umat manusia di zaman sekarang bergantung padanya.

Dari mulai menonton video, melakukan kegiatan streaming online, ataupun mengerjakan tugas, hingga rapat online. Bisa dipastikan, bila sinyal yang terhubung lemah akan membuat pengguna marah.

Sebenarnya ada banyak alasan yang melatarbelakangi sinyal WiFi berubah menjadi lemah. Salah satunya lantaran banyaknya pemakai WiFi dalam satu jaringan.

Bila demikian, sebenarnya cukup mudah diakali. Pengguna hanya perlu rutin mengganti password WiFi secara rutin atau berkala.

Di lain pihak, kendala sinyal WiFi lemah juga bisa saja disebabkan oleh gangguan elektromagnetik dari perangkat teknologi lain. Atau, faktor lain yang tidak terkira juga bisa menjadi pemicu utamanya.

Untuk menjawab hal itu, berikut 3 trik agar sinyal WiFi semakin kuat. Sebagaimana dilansir dari laman Universitas STEKOM, demikian ulasannya:

  1. Gunakan Aplikasi Pelacak Sinyal.

Bila Anda berada di tempat umum, serta perangkat elektronik terhubung dengan WiFi publik. Pastinya, penggunanya tidak hanya Anda semata.

Sebagaimana sempat disinggung, semakin banyak pengguna yang bertumpu pada satu sumber. Sinyal WiFi pun pasti akan berubah menjadi lemah.

Untuk menyiasati hal itu, Anda bisa mengakali dengan ragam aplikasi pencari sinyal WiFi yang lebih kuat. Platform tersebut pun akan mengarahkan dan merekomendasikan jaringan yang lebih stabil.

Pengguna bisa mengunduhnya melalui toko resmi Play Store atau Apps Store. Seperti contoh WiFi Manager, Open Signal, dan Network Signal Booster.

  1. Ganti Frekuensi.

Berbeda dengan kasus pertama, mengganti frekuensi WiFi bisa dilakukan bila anda memiliki koneksi internet secara pribadi di rumah.

Untuk melakukan hal itu, ikuti langkah berikut ini:

  • Buka pengaturan ponsel.
  • Pilih menu WiFi.
  • Klik 'Advanced'.
  • Klik 5Ghz only.

Merubah jaringan sebelumnya ke 5Ghz berarti mengganti jaringan 3G ke 4G.

  1. Gunakan Alat Penguat Sinyal.

Selanjutnya masih untuk pengguna jaringan pribadi. Kendala yang kerap dijumpai adalah sinyal lemah lantaran tidak bisa menjangkau ruangan tertentu.

Untuk menanggulanginya, pengguna bisa membeli perangkat tambahan agar sinyal yang dipancarkan semakin luas.

Sebagai contoh Mercusys WiFi Range Extender yang dapat menangkap sinyal. Kemudian, alat ini akan memancarkan kembali ke jarak yang lebih luas dan jauh.

Selain trik di atas, cobalah rajin-rajin mengupdate sistem ponsel yang dimiliki. Bisa jadi perangkat lunak yang jadul juga menjadi penyebab smartphone menerima sinyal lemah.

Demikianlah 3 trik agar sinyal WiFi semakin kuat. Semoga penjelasan di atas menjawab penasaranmu. Selamat mencoba! (Dzikrullah) ***

Leave a comment