Kenakan Ragam Pakaian Nusantara, Unisma Malang Khidmat Upacara HUT Kemerdekaan RI-78

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Ratusan sivitas akademika Universitas Islam Malang (Unisma) mengikuti rangkain upacara Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia di halaman kampus, Kamis (17/8/2023).

Kegiatan ini berlangsung khidmat, seluruh sivitas turut mengenakan pakaian adat nusantara, menambah kesan kerukunan dan keberagaman bhinneka tunggal ika.

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri MSi menyampaikan hari ini merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia, untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke 78. Tema Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI kali ini adalah "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

“Ini (tema) mencerminkan Negara Indonesia memiliki optimisme, kemandirian, peningkatan kualitas hidup, inklusivitas dan kesetaraan, serta kemitraan dan kerjasama yang kemudian menjadi komitmen bersama untuk bekerja memajukan Indonesia, dan begitu juga bagi Unisma,” ungkapnya.

Sebagai kampus multikultural, menurut Prof Dr H Maskuri MSi,

Unisma siap menjaga keutuhan NKRI dan perdamaian dunia sebagai kampus moderat di tengah pruralisme, maupun bhinneka tunggal ika.

“Unisma mengangkat Bhinneka Tunggal Ika itu. Maka Unisma hadir di Indonesia, di dunia, menciptakan harmonisasi melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta juga membawa moralitas yang tawasuth tawazun dan tasamuh,” tegasnya.

Menurut Maskuri, semangat HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini, memberi spirit kebangkitan kedua Unisma. Banyak capaian yang telah diukir Unisma dalam berbagai bidang bersama banyak pihak.

Baik jajaran Yayasan, Rektorat, Dekanat, Pascasarjana, Pimpinan Lembaga dan Unit, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pemerintah, serta stakeholders yang selalu mensuport hingga tegak dan lompatannya Unisma di kancah nasional dan internasional. Antara lain di bidang akademik, kerja sama dalam negeri Unisma per Agustus 2023 mencapai 590 MoU aktif bersama Dunia Usaha dan Dunia Industri, Pemerintah Pusat dan Daerah, PTN dan PTS, Kementerian, serta kelompok masyarakat.

Di bidang Keuangan dan SDM, Unisma memiliki 18 orang Guru Besar, 155 orang Doktor yang sedang menempuh Program Doktor sebanyak 37 orang, 5 orang diantaranya sedang menempuh studi di Australia dan Taiwan.

Di bidang sarana prasarana, Unisma memiliki laboratorium entrepreneur, Sport Center, laboratorium lapang terpadu 1 Kebonagung, laboratorium lapang terpadu 2 Jengglong, dan Karangploso.

“Unisma juga selalu melengkapi sarana pembelajaran dan memperindah kampus agar suasana belajar menjadi semakin nyaman dan menyenangkan,” terang Prof Maskuri.

Selain itu lanjut dia, Kampus ini juga berkomitmen dalam penguatan dan penyebaran pemikiran-pemikiran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah serta penguatan habituasi kegiatan keagamaan.

Dalam pemeringkatan Webometrics Dunia periode Juli 2023, berdasarkan indikator Openness, Unisma tetap kokoh di posisi terbaik PTNU Tingkat Nasional, peringkat 10 PTS se-Indonesia, Peringkat 8 PTN/PTS di Jawa Timur dan peringkat 2 PTS di Jawa Timur.

“Hal ini sejalan dengan peringkat 46 nasional dan peringkat 1 PTNU untuk skor SINTA 3 tahun Kemendikbudristek,” tegasnya.

Upacara kemerdekaan ini sekaligus menjadi momentum penyerahan penghargaan pada fakultas, program studi, dosen, karyawan, dan organisasi kemahasiswaan di lingkungan Unisma atas capaian prestasi yang telah diraih.

“Secara kelembagaan, penyerahan penghargaan kepada dosen dan mahasiswa yang berprestasi pada tingkat nasional dan internasional. Hari ini kami juga akan mengumumkan dosen dan karyawan yang mendapatkan reward untuk umroh, ada 10 orang,” tutup Rektor Unisma.***

Leave a comment