Taman Alun Kapuas, Ikon Wisata Pontianak: Punya Replika Tugu Khatulistiwa dan Ragam Even Besar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Bagaimana jika ragam ikon wisata seperti digabungkan di sebuah tempat? Tidak perlu repot membayangkannya, datangi saja Taman Alun Kapuas Pontianak.

Ya di Taman Alun Kapuas, ikon wisata yang ada di Pontianak seperti digabungkan. Di tempat ini ada replika Tugu Khatulistiwa, perayaan Cap Go Meh, dan lainnya.

Ragam ikon wisata itu pun tampil menawan di Taman Alun Kapuas hingga menjadi incaran warga Pontianak maupun pelancong dari daerah lain mapun luar negeri.

Dan jangan lupa, Taman Alun Kapuas ini berada di tepi Sungai Kapuas yang indah. Jadi sembari menikmati waktu di taman, secara langsung Anda juga merasakan alam sungai terpanjang di Indonesia itu.

Melansir indonesiakaya.com, Rabu (23/8/2023), taman yang menjadi salah satu proyek 'Waterfront City' bagi Pemerintah Kota Pontianak ini memang memiliki arsitektur yang dibuat nyaman bagi para pengunjung.

Taman ini memiliki air mancur yang penempatan terasa sangat indah dengan dikelilingi anak tangga. Replika Tugu Khatulistiwa yang merupakan bangunan kebanggaan warga Pontianak juga bisa pengunjung lihat di taman ini.

Tidak itu saja, beberapa even yang menjadi ikon wisata Pontianak juga digelar di Taman Alun Kapaus ini. Sebut saja Festival Meriam Karbit, Festival Khatulistiwa, Festival Cap Go Meh, dan sebagainya.

Taman Alun Kapuas juga pernah menjadi salah satu tempat even nasional yaitu Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), tepatnya pada 2019. Maka, dibangunlah Tugu STQ sebagai jejak yang kemudian menjadi target incaran pengunjung untuk berfoto.

Taman ini terletak di Jalan Rahadi Usman, Kecamatan Pontianak Kota. Taman ini disebut juga dengan Taman Korem oleh warga Pontianak karena letaknya yang berada di depan kantor Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura.

Dengan kata lain, Taman Alun Kapuas adalah area terbuka hijau yang berada di tepi persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Besar, dan Sungai Kapuas Kecil. Taman ini berdampingan dengan Waterfront City Pontianak.

Taman Alun Kapuas dan Waterfront City Pontianak dihubungkan dengan sebuah jembatan. Bentuk jembatan yang menyerupai lorong ini cukup unik dihiasi dengan ukiran-ukiran khas Pontianak hingga sering dijadikan spot foto oleh pengunjung.

Sebagai informasi, Taman Alun atau Taman Alun-alun Kapuas ini sudah mengalami beberapa kali renovasi. Renovasi pertama terjadi sekitar 1999, lalu pada 2011 taman ini mengalami renovasi kembali.

Pada 2012, Pemerintah Kota Pontianak melakukan renovasi di beberapa sektor seperti menambah beberapa titik air mancur serta melengkapi taman ini dengan sarana dan prasarana tambahan.

Jika pada awalnya taman ini hanya memiliki luas sekitar 1,5 hektare kini luas Taman Alun Kapuas sudah mencapai luas sekira 3 hektare.

Yang jelas, taman yang terletak di pusat Kota Pontianak ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya warga. Menikmati pemandangan sungai yang membelah kota sambil duduk santai dan menikmati sajian kuliner khas.

Taman Alun Kapuas menjadi lebih indah saat malam tiba. Cahaya lampu yang menerangi area sekitar taman mempercantik susanan. Pun, lampu-lampu yang berasal dari kapal menjadi dekorasi cantik dari arah sungai.

Untuk menuju taman ini Anda dapat menempuh beberapa alternatif transportasi yang sangat mudah. Letaknya yang berada di pusat kota menjadikan taman ini begitu mudah untuk diakses.

Demikian soal Taman Alun Kapuas yang ada di Kota Pontianak. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment