Keindahan Waterfront City Pontianak: Menikmati Ragam Aktivitas Wisata Sungai Kapuas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Sungai Kapuas yang melintas di Kota Pontianak adalah keunggulan tersendiri, contohnya di bidang wisata. Itulah sebab, dibangunlah Waterfront City Pontianak.

Sejak 2017, Waterfront City Pontianak pun terus berbenah diri menjadi destinasi wisata unggulan. Ragam spot maupun aktivitas disesuaikan dengan Sungai Kapuas.

Ya secara letak, destinasi wisata Waterfront City Pontianak memang berada di tepi Sungai Kapuas. Sungai terpanjang di Indonesia dengan alirannya yang mencapai 1.143 kilometer.

Seperti diketahui, Sungai Kapuas selama ini dijadikan sebagai jalur transportasi. Perpindahan barang maupun manusia dilakukan di sungai ini.

Namun, adalah sangat disayangkan jika Sungai Kapuas tidak dimanfaatkan di bidang lain. Kesadaran wisata para pengambil keputusan dan warga muncul, sungai itu harus dimanfaatkan.

Melansir rizkyjayarentcar.com dan sitimustiani.com, Selasa (22/8/2023), akhirnya pemerintah membangun Waterfront City Pontianak. Sebuah destinasi wisata untuk warga dan pelancong.

Waterfront City Pontianak memiliki panjang sekitar 600 meter dengan lebar sekitar 8 meter. Di sinilah warga atau pelancong bisa menikmati keindahan Sungai Kapuas sembari jalan santai atau jogging.

Keberadaan Waterfront City Pontianak juga turut dilirik oleh wisatawan dalam maupun luar daerah. Taman kota ini memiliki desain yang menarik dengan kesan hits.

Pengunjung tidak hanya dapat merasakan keindahan seni dari taman kota, tetapi juga mendapatkan relaksasi dengan pemandangan Sungai Kapuas.

Untuk yang sayang anak, ragam permaianan juga banyak di area ini. Sebut saja sepeda listrik, mobil remote, dan sebagainya. Jalanan yang halus serta pinggir sungai yang dipagar besi mempermudah aktivitas anak-anak.

Yang jelas, hari teramai di Waterfront Pontianak adalah Sabtu dan Minggu serta hari libur. Sebagian besar tempat di destinasi ini adalah area terbuka, jika hujan akan sulit menikmati keindahan Waterfront Pontianak.

Jadi, waktu yang pas mulai pukul 16.00 WIB karena cuaca sudah tidak terlalu panas dan cuaca tidak musim hujan. Lokasinya di Jalan Barito. Akses jalan menuju destinasi wisata buatan ini oun sangat sangat mudah.

Nah, berikut ini beberapa aktivitas wisata yang bisa dinikmati di Waterfront City Pontianak:

  1. Taman dan Trotoar

Berada di tepi Sungai Kapuas, Waterfront Pontianak dilengkapi dengan taman, tempat duduk, serta jalan atau trotoar yang rapi dan lurus.

Banyak tanaman yang ditanam di pot dengan menggunakan tembok semen, sehingga pot tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk para pengunjung sambil memandang view Sungai kapuas, kapal lewat, dan sebagainya.

  1. Susur Sungai

Terdapat Kapal Bandong yang berfungsi untuk mengangkut para penumpang yang ingin menelusuri Sungai Kapuas atau Susur Sungai selama kurang lebih 1 jam, melihat Pontianak dari sungai.

Kapal Bandong adalah kapal tradisional yang telah ratusan tahun lalu dipergunakan untuk roda transportasi menelusuri Sungai kapuas. Kini Kapal Bandong juga dipergunakan untuk membuka cafe bernuansa perahu terapung di tepi Sungai Kapuas dan juga sebagai perahu wisata.

  1. Kafe Terapung dan Kafe Darat

Waterfront Pontianak dikelilingi berderet kafe, baik di darat maupun kafe terapung. Untuk kursi dan mejanya tepat di piggir Sungai Kapuas agar para pengunjung yang datang betah berlama-lama sambil menikmati sajian.

Para pengunjung yang datang tidak hanya cari kuliner, mereka bisa menghabiskan waktu di Waterfront Pontianak yang udaranya sangat sejuk dengan view Sungai Kapuas yang indah dihiasi lampu gemerlapan dari kejauhan.

Demikian soal Waterfront City Pontianak yang merupakan destinasi buatan di tepi Sungai Kapuas. Sebuah areal publik yang hari demi hari makin diminati masyarakat dan pelancong. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment