Reses di Pontianak, Dewan Kalbar Heri Mustamin: Masyarakat Keluhkan Lambannya Pelayanan Pasien BPJS

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Keluhan lambannya pelayanan pasien BPJS di sejumlah rumah sakit di Pontianak masih menjadi keluhan masyarakat.

Keluhan ini pun diadukan warga kepada Ketua Komisi V DPRD Kalbar, Heri Mustamin yang beberapa waktu lalu melaksanakan reses.

"Masyarakat masih mengeluhkan pelayanan kesehatan. Pasien BPJS dianggap masih lambat. Padahal pasien BPJS dan umum tidak ada bedanya," kata Heri Mustamin, Sabtu (24/6/2023).

Bahkan, menurut Hery, lambatnya pelayanan itu membuat trauma di masyarakat. Karena itu, dia meminta para nakes memberi pelayanan yang sama bagi pasien BPJS.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kalbar ini juga minta dinas kesehatan mengawasi rumah sakit yang menerima layanan BPJS.

Rumah sakit penerima layanan BPJS mesti diberikan pemahaman, agar memberikan pelayanan sepenuh hati dan sesuai standar, sehingga tak ada anggapan diperlakukan berbeda.

"Karena, berapa pun klaim BPJS kan dibayar, harusnya tidak ada bedanya," ujarnya.

Di samping pelayan, masyarakat juga berharap pemerintah melindungi masyarakat dengan memberi subsidi bagi masyarakat tak mampu. Sebab, tidak semua masyarakat Kota Pontianak memiliki kemampuan bayar iuran BPJS.

Pada kesempatan itu, legislator Dapil Pontianak ini, juga menjelaskan bahwa BPJS menerapkan subsidi silang. Yang berkemauan diharuskan ikut serta dalam BPJS Kesehatan secara mandiri.

Selain itu, aspirasi masyarakat yang diserap Heri juga terkait PPDB atau penerimaan peserta didik baru. Masyarakat mempertanyakan mekanisme dan sistem terbaru.

"Saya pikir ini juga perlu sosialisasi. Sementara hal lain berkaitan pembangunan lingkungan atau persoalan drainase," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment