Polisi Ungkap Motif Bunuh Diri Plt Ketua Golkar Kubu Raya Iqbal Zafarullah, Korban Alami Skizofrenia

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA , insidepontianak.com - Misteri kematian Muhammad Iqbal Zafarullah, Plt Ketua Golkar Kubu Raya akhirnya terkuak.

Polres Kubu Raya memastikan, motif Iqbal bunuh diri terjun ke Sungai Kapuas, pada Minggu (14/5/2023) karena alami skizofrenia.

Skizofrenia sendiri adalah gangguan mental yang menyebabkan halusinasi delusi dan kekacauan berpikir.

Kasat Reskrim Polres Kubu Raya, Iptu Indrawan mengatakan, berdasarkan keterangan istri korban, sepekan sebelum kejadian itu, korban  sering bertingkah aneh, merasa cemas dan ketakutan.

Sehari sebelum kejadian, Iqbal sempat dibawa rekannya memeriksakan kesehatan, karena mengeluh sakit. Berdasarkan pemeriksaan dokter, ia disebut sedang stres berat dan butuh istirahat.

"Korban diberikan obat untuk mengobati keluhannya," ujar Iptu Indrawan, Selasa (6/6/2023).

Namun saat mendaftarkan Caleg Partai Golkar ke KPU Kubu Raya, pada Minggu, 14 Mei 2023, Iqbal diketahui tidak minum obat yang diberikan oleh dokter. Pascainilah, ia terjun ke Sungai Kapuas dan ditemukan meninggal setelah satu hari pencarian.

Polres Kubu Raya memastikan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Handphone korban juga telah diperiksa. Hasilnya tak ditemukan pesan ancaman, dan masalah politik.

"Kesimpulan medis korban mengalami skizofrenia," ucap Iptu Indrawan. (Andi)***

Leave a comment