Inovasi Baru, BKPSDM dan Diskominfo Singkawang Luncurkan Aplikasi E-Absen

29 Oktober 2022 14:47 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Pemerintah Kota Singkawang melalui BKPSDM bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang menggelar peluncuran Sistem Absensi Elektronik Berbasis Online (E-Absen) di Ruang TCM Kantor Wali Kota Singkawang, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan ini diinisiasi oleh BKPSDM bersama Diskominfo Kota Singkawang sebagai bentuk pemaparan dan ujicoba hasil pengembangan Sistem Absensi Elektronik E-Absen yang diikuti oleh tujuh OPD diantaranya Sekretariat Daerah Kota Singkawang, Inspektorat Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan dan KB, Satpol PP, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan BKPSDM Kota Singkawang.

Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur Pengembangan Karir dan Kompetensi BKPSDM Singkawang, Abdul Rani mengatakan seiring dengan kemajuan teknologi projek E-Absen ini merupakan bentuk kolaborasi BKPSDM bersama Diskominfo dengan tujuan sebagai upaya peningkatan pelayanan dan efesiensi rekapitulasi kehadiran ASN Pemerintah Kota Singkawang yang dapat diakses secara online melalui smartphone guna memudahkan dalam akses daftar hadir secara cepat dan akurat.

Baca Juga: Wisata Singkawang: Seluncuran Naga Water Boom Taman Cinta, Wisata Favorit Keluarga

“Dalam upaya peningkatan pelayanan dan efesiensi rekapitulasi kehadiran ASN, Pemerintah Kota Singkawang melalui BKPSDM berkolaborasi dengan Diskominfo menciptakan sebuah aplikasi absensi berbasis web online yang dapat diakses dengan hp untuk memberikan kemudahan kepada ASN untuk mengisi absensi daftar hadir secara cepat dan akurat,” ujarnya.

Abdul Rani menjelaskan maksud dari kegiatan Launching E-Absen ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada ASN dari OPD-OPD terkait dalam mengoperasikan aplikasi E-Absen.

Ia menambahkan dengan adanya aplikasi E-Absen ini dapat memberikan informasi yang akurat dan mempermudah proses controlling pelaksanaan absensi seluruh ASN di lingkungan pemerintah Kota Singkawang serta sebagai perwujudan menuju Smart ASN.

“Dengan adanya aplikasi E-Absen ini dapat memberikan informasi yang akurat, up to date dan mempermudah kami dalam proses controlling pelaksanaan absensi seluruh ASN di lingkungan pemerintah Kota Singkawang karena aplikasi ini menerapkan sistem lokasi atau GPS pada saat melakukan pengisian absensinya,” tambahnya.

Ia berharap aplikasi E-Absen dapat diterapkan dengan konsep hybrid untuk menjadi penunjang absensi finger mulai tanggal 1 November kepada tujuh OPD tersebut di atas sebagai bentuk uji coba trial and error. Yang kemudian penerapan selanjutnya dapat disepakati bersama kembali.

“Rencananya penerapan E-Absen ini akan dilakukan oleh tujuh OPD terlebih dahulu mulai tanggal 1 November sebagai bentuk ujicoba trial and error. Karena memang aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan untuk disempurnakan lebih lanjut. Terkait langkah penerapan selanjutnya dapat kita sepakati bersama kembali,” pungkasnya.

Baca Juga: Seorang Anak di Singkawang Suspek Gagal Ginjal Akut Dirawat di RSUD Soedarso, Kasus Pertama di Kalbar

 

 

Tags :

Leave a comment