Sulit Tidur akan Hilang Bila Kamu Ikuti 5 Cara Ini!

2 November 2022 22:26 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam 24 jam tubuh manusia harus mempunyai waktu istirahat yang cukup. Tapi kalau sulit tidur ada cara mengantisipasinya.

Banyak faktor bisa mempengaruhi sulit tidur nyenyak. Padahal kepulasan pada waktu istirahat malam hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Orang yang mengalami sulit tidur akan menyebabkan stres, dan daya pikir kita menurun seiring waktu.

Sebab terparah dari kurangnya istirahat adalah obesitad, temuan ini dilandasi oleh penemuan 3 peniliti, Chen Zao Ding, Lee Ling Lim, dan Alice Pikshan Kong, yang dilansir dari Korean Society for The Sudy of Obesity.

Baca Juga: Tips, Menjaga Kesehatan Mental di Era Disrupsi Informasi dan Media Sosial

Tubuh manusia tidak terlepas dari cyreadian rythm (adaptasi tubuh dengan waktu 24 jam).

Bisa dibuktikan pada tubih orang sehat, pada siang hari orang yang memiliki badan bugar akan terbiasa menghabiskan waktunya untuk beraktifitas padat.

Pemacu utama manusia beraktivitas berat pada waktu matahari terbit karena sinar mentari memberi impulsif agar selalu bergerak, berbeda dengan malam hari, tubuh akan menerima sinyal bluelight yang membuat badan akan menjadi lebih rileks.

Tapi tidak bisa dinafikan, pada kasus tertentu badan kita tidak bisa mengenali chreadian rythm  Salah satu sebab yang bisa kita ketahui, karena tidur kita tidak teratur.

Baca Juga: Tips! 6 Cara Mengatasi Pikiran Negatif yang Membuat Kamu Overthinking, Poin 3 Banyak Digunakan

Namun tidak usah khawatir, dikutip dari Healthline.com tim Insidepontianak.com akan memberikan 7 tips yang manjur bila dilakukan sebelum tidur.

1. Kurangi konsumsi kafein sebelum tidur

Dilansir dari Healthline.com, bila menjelang tidur dianjurkan agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kafein. Kafein bisa bertahan sekitar enam sampai delapan jam pada tubuh kita.

Mengonsumsi kafein pada sore hari atau malam hari, akan mengaktifkan saraf-saraf dalm tubuh kita untuk terus terjaga dan bergerak.

Tidak hanya itu saja, bila tubuh kita terus bergerak aktif maka hormon ghrelin juga akan memaksa tubuh untuk tetap lapar, akibatnya kita lebih memilih makan dari pada tidur.

2. Kurangi tidur siang hari

Memang benar, tidur siang dianjurkan bagi beberapa orang. Tidur siang dapat membuat tubuh kita yang awalnya lelah karena aktifitas berat dipagi hari akan menjadi lebih bugar.

Untuk orang-orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari, alangkah lebih baiknya waktu tidur siang dipotong dan dialihkan kepada kegiatan ringan saja, seperti ngobrol, nonton, ataupun hanya hange-out bersama teman.

3. Waktu bangun pagi yang konsisten

Hasil penilitian anak sekolah tingkat SMA di Italia yang dilakukan oleh Falvia Giannotti dan teman sejawatnya, menunujukkan bahwa bangun teratur menujukkan pola tidurnya sehat, dilansir dari Pubmed.gov.

Penelitian ini juga menggali kesehatan mental mereka, kunci utama dari penelitian mereka dengan konsistensi bangun pagi.

Total sampel sebanyak 6.631 anak remaja dari umur 14-18 tahun, 742 remaja dari mereka sering bangun telat. Dia mengidentifikasi bangun telat ini dengan kesehatan mental yang mengalami depresi, cemas dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Sedangkan 1005 dari mereka selalu bangun pagi tepat waktu. Ketika didalami lebih lanjut, tipe remaja yang bangun pagi tepat waktu memiliki kesehatan mental yang mapan.

4. Coba konsumsi suplemen melatonia.

Suplemen ini dapat membantu orang yang mengalami kesulitan tidur menjadi lelap dan nyenyak.

5. Hindari stres

Kesehatan mental seseorang juga menjadi faktor kenapa tidurnya tidak nyenyak. Dianjurkan bagi orang yang mengalami kendala gangguan tidur lelap untuk tidak terlalu overthinking. Buatlah senyaman mungkin pikiranmu agar lebih rileks.

Itulah 5 tips dan cara agar tidur mu menjadi nyenyak, jangan lupa jaga kesehatan raga dan jasmani ya!

 

Tags :

Leave a comment