Festival Kampung Budaya di Perbatasan Jagoi Babang, Suguhkan Berbagai Tradisi Adat Dayak Bidayuh Bijagoi

3 November 2022 16:47 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, Insidepontianak.com - Festival Kampung Budaya Dayak Bidayuh Bijagoi, di Desa Budaya Bung Kapuak, Kecamatan Jagoi Babang menyuguhkan tontonan berbagai kesenian tradisi adat Dayah Bidayuh Bijagoi, Kamis (3/11/2022).

Kegiatan Festival Kampung Budaya Dayak Bidayuh Bijagoi yang diinisiasi oleh Komunitas Sanggar Bijagoi dan Tim Pemajuan Kebudayaan Desa Jagoi Babang pun berlangsung meriah.

Festival Kampung Budaya Dayak Bidayuh Bijagoi merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kampung Budaya Bung Kapuak Jagoi Babang ke-182 Tahun.

Baca Juga: Unisma Bershalawat, Tingkatkan Nilai Spiritualitas

Kegiatan tersebut menampilkan berbagai macam seni budaya asli masyarakat perkampungan Jagoi Babang, mulai dari dari Silotung, Ritual Bi' Pusa, Alat Musik Traditional, dan produksi menganyam kerajinan tangan.

Diketahui Kampung Bung Kapuak sendiri merupakan sebuah kampung adat tertua suku Dayak Bidayuh yang ada di Jagoi Babang Bengkayang.

Kampung Bung Kupuak juga pernah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai 'Kampung Adat Terpopuler di Indonesia' oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bupati Paolus Hadi Launching Perkampungan Hortikultura Asri dan Tertata, Harap Tak Hanya Seremonial

Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal sebagai tamu kehormatan hadir dalam festival tahunan ini yang disambut dengan tarian Sigal Sinoyan.

Dalam kesempatan itu, ia sangat mengapresiasi panitia pelaksana yang telah menyelenggarakan acara tersebut dengan baik.

Sebab selain sebagai hiburan masyarakat lokal, festival yang disuguhkan sarat akan warisan budaya yang harus dilestarikan turun-temurun.

“Saya lihat yang menjadi penari diacara ini muda-muda semua, tak ada lagi yang tua-tua. Itu artinya tradisi budaya sudah diwarisi dengan baik,” Ucap Wabup Rizal.

Baca Juga: Potret Desy Ratnasari Tampil Bak Remaja Menuai Banyak Pujian, Netizen: Cantik Dari Dulu

Wabup Rizal pun mengharapkan kepada generasi muda di Jagoi Babang mau turut serta melestarikan adat Budaya dan kesenian, serta kerajinan tangan seperti anyaman lokal, agar tak punah seiring perkembangan zaman.

Kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Jagoi Babang  juga diimbaunya untuk bersiap menjadi pelaku usaha ekonomi termasuk juga dari sisi ekonomi budaya.

"Seiring akan segera diresmikannya PLBN jagoi Babang di daerah Jagoi Babang, para pelaku seni budaya juga mesti berkontribusi didalamnya," pesannya.

Baca Juga: Cabor Tarung Derajat Porprov Kalbar Mulai Digelar, Sujiwo: Ajang Pemanasan Menuju PON 2024

Turut hadir dalam acara itu Perwakilan Kementrian Pendidikan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Wakil Ketua 1 DPRD beserta Anggota DPRD Bengkayang, Dandim 1202 Singkawang.

Selanjutnya, Kasat Sabara Polres Bengkayang, Kepala Kantor Kementrian Agama Bengkayang, Kepala OPD, Camat Jagoi Babang, Forkopimcam dan tamu undangan lainnya.***

Tags :

Leave a comment