Bupati Citra Duani Harap Festival Panen Raya Budidaya Hasil Laut di Pulau Karimata Picu Geliat Ekonomi

9 November 2022 21:00 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Festival panen raya budidaya hasil laut di Pulau Karimata berjalan sukes, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan festival panen raya budidaya hasil laut di Pulau Karimata itu dihadiri langsung Bupati Kayong Utara, Citra Duani dan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan dan Bupati Mempawah Erlina.

Bupati Citra Duani berharap festival panen raya budidaya hasil laut di Pulau Karimata bisa memicu geliat ekonomi.

Baca Juga: Kementan-Bulog Sepakati Pembelian Beras Kulon Progo 150 Ribu Ton

“Budidaya hasil laut di Pulau Karimata ini menjadi alternatif penghasilan masyarakat disaat musim selatan atau gelombang besar,” kata Bupati Citra Duani.

Bupati Citra mengatakan, kegiatan festival panen raya hasil laut Kepulauan Karimata bertujuan mengubah paradigma nelayan yang semulanya bekerja mencari ikan menjadi menangkap ikan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk memberikan pembinaan serta mengubah paradigma para nelayan,” katanya.

Baca Juga: Bina Mahasiswa Program Internasional, Ketua DMI Jusuf Kalla Sarankan IAI Tazkia Datangkan Pengajar dari Kairo

Budidaya hasil laut di tidak hanya berupa pengembangan keramba ikan atau lobster. Tapi juga bisa berupa budidaya rumput laut yang bernilai ekonomis.

“Sehingga pada saat tidak melaut saat musim selatan dan cuaca buruk mereka masih tetap memiliki penghasilan," katanya.

Menurut Bupati Citra Duani, budidaya rumput laut tidak terlalu sulit. Bahkan dalam kurun waktu sekitar 45 hari saja, rumput laut tersebut sudah dapat dipanen, dan langsung dapat dijual.

Baca Juga: Wamenkumham: Pasal Penyerangan Martabat Presiden Alami Perubahan

“Karena di daerah kepulauan pelapis juga sudah ada penampung, sehingga para pembudidaya rumput laut langsung mendapatkan penghasilan dari budidaya rumput laut,” ungkapnya.

Bupati Citra pun berharap, festival panen raya budidaya hasil laut di Pulau Karimata ke depan juga bisa dikemas menjadi event wisata.

"Potesnsi wisata Kepulauan Karimata ini sangat sangat bagus. Orang bisa menikmati wisata juga sekalian menikmati kuliner," katanya.

Baca Juga: Kasus Penerimaan Mahasiswa Baru, KPK Panggil Dua Dosen Unila

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan mengatakan bahwa potensi dari hasil alam laut Pulau Karimata sangat besar dan cukup menjanjikan.

Sehingga masyarakat setempat diharapkan membuat keramba dan membudidayakan rumput laut sebagai penopang ekonomi.***

Tags :

Leave a comment